Selasa, 29 Des 2020 11:15 WIB

Cegah Mutasi Corona Inggris, Kenapa Larangan WNA Masuk RI Baru Mulai Januari?

Ayunda Septiani - detikHealth
Mulai Senin (28/9/2020), WNA pemegang visa atau memiliki izin tinggal bekerja, urusan pribadi hingga reuni keluarga diizinkan boleh memasuki wilayah China. Warga negara asing (WNA) dilarang masuk dari tanggal 1 hingga 14 Januari. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Warga negara asing (WNA) dilarang masuk ke Indonesia mulai tanggal 1 hingga 14 Januari. Hal ini ditetapkan untuk mencegah adanya varian virus Corona baru.

"Saat ini telah muncul pemberitaan baru mengenai strain baru virus COVID-19 yang menurut berbagai data ilmiah memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat. Menyikapi hal tersebut, rapat kabinet terbatas tanggal 28 Desember 2020 memutuskan untuk menutup sementara, saya ulangi, untuk menutup sementara dari tanggal 1 sampai 14 Januari 2021 masuknya warga negara asing atau WNA dari semua negara ke Indonesia," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers, Senin (28/12/2020) kemarin.

Mengapa aturan WNA tidak diberlakukan sejak Desember?

Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan mengatakan, ada beberapa pertimbangan yang dilakukan untuk membuat suatu kebijakan terkait larangan WNA masuk ke Indonesia.

"Dalam membuat suatu kebijakan tentunya kita memperhatikan juga kondisi lapangan, memang pada saat itu ada harapan bahwa bisa dilakukan serta-merta segera pada tanggal 28 Desember kemarin pada saat pengumuman," jelas Cecep dalam siaran pers BNPB melalui kanal YouTube, Selasa (29/12/2020).

"Tetapi kita pahami juga traveller ini kan ada yang sedang dalam perjalanan, penerbangan masuk ke Indonesia, dan itu kita harus perhatikan. Namun demikian kita tidak khawatir karena satgas penanganan COVID-19 sudah menerapkan parameter protokol kesehatan yang lebih ketat, untuk kedatangan mulai 28 sampai 31 Des," tambah Cecep.

Artinya, Cecep menjelaskan skrining yang dilakukan akan lebih ketat lagi, di mana ada kewajiban melakukan isolasi karantina meskipun PCR negatif di tempat yang difasilitasi pemerintah.



Simak Video "Jepang Minta Penyelidikan Tambahan soal Asal Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)