Selasa, 29 Des 2020 15:20 WIB

Menkes Ungkap Tahapan Vaksinasi COVID-19, Ini Urutan Prioritasnya

Ayunda Septiani - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Ilustrasi vaksin Corona. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memaparkan rencana vaksinasi yang akan dilakukan di Indonesia. Sebanyak 1,3 tenaga kesehatan akan jadi yang pertama disuntik.

Disebutkan Budi, ada dua tahapan untuk vaksinasi. Tahap pertama vaksinasi akan dilakukan kepada petugas kesehatan periode Januari hingga April 2021 mendatang.

"Tahap pertama akan dilakukan adalah vaksinasi ke tenaga atau petugas kesehatan, di Indonesia ada 1,3 juta orang di 34 provinsi. Kedua akan diberikan kepada petugas publik sekitar 17,4 juta orang. Kemudian tahapan selanjutnya adalah masyarakat lansia di atas 60 tahun yang jumlah sekiar 21,5 juta orang," katanya dalam Keterangan Pers Menteri Kesehatan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/12/2020).

Kemudian Budi melanjutkan, pada tahapan kedua, periode vaksinasi akan dilakukan pada bulan April 2021 hingga Maret 2022 mendatang.

Vaksinasi masyarakat yang berada di daerah dengan risiko penularan tinggi sekitar 63,9 juta. Kemudian dilanjutkan dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Budi juga menjelaskan, setiap negara memiliki tahapan imunisasi yang berbeda-beda, tapi yang seragam adalah semua negara pasti tahapan pertamanya adalah tenaga kesehatan, alasannya adalah garda terdepan ada orang yang paling penting di masa pandemik krisis COVID-19 ini.

"Apa yang kita lakukan pertama kali, konsisten dengan yang dilakukan di Inggris, Amerika Serikat, bahwa tenaga kesehatan merupakan prioritas pertama yang kita vaksinasi," pungkasnya.



Simak Video "Menkes Kenang Dulu Indonesia di-Bully Selesai Vaksin 10 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)