Rabu, 30 Des 2020 06:19 WIB

Round Up

Sampaikan Maaf Lahir dan Batin, Terawan Pamit dari Kemenkes

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta -

Terawan Agus Putranto resmi menyerahterimakan jabatan Menteri Kesehatan ke Ir Budi Gunadi Sadikin. Dalam momen perpisahan, ia menyampaikan permohonan maaf.

"Saya menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya bila dalam kedinasan ada hal-hal yang kurang berkenan. Saya betul-betul mohon maaf lahir dan batin," kata Terawan, Selasa (29/12/2020).

Setelah 'pensiun' dari Menkes, Terawan kembali ke pekerjaan klinis yakni menangani pasien. Bahkan sebelum acara sertijab, ia masih menyempatkan diri menangani pasien stroke batang otak.

"Siang tadi sebelum berangkat ke sini saya boleh mengerjakan 3 pasien. Dua pasien dengan stroke batang otak dan satu pasien demensia datang dari Amerika jauh-jauh dan dapat kita selesaikan dengan baik karena anugerah Tuhan," tuturnya.

Serah terima jabatan Menteri Kesehatan jadi momen terakhir Terawan Agus Putranto berkantor di Jl HR Rasuna Said. Terawan berencana kembali jadi dokter.Momen Terawan Agus Putranto pamit dari Kemenkes RI. Foto: Zintan Prihatini/detikHealth

Terawan mengawali jabatannya sebagai Menkes pada oktober 2019 lalu dengan pensiun sebagai dokter TNI berpangkat Letnan Jenderal. Ia sebelumnya juga menjabat sebagai Kepala RSPAD Gatot Soebroto.

"Sesudah jadi menteri, menjadi mantri," sebut Terawan.

"Kebanggaan buat saya, saya boleh nyuntik orang kembali," lanjutnya.

Sementara itu, Budi Gunadi Sadikin dalam sambutannya membacakan sebuah puisi. Berikut isi puisi tersebut.

Terdengar hujan di saat deras
Mengubah tanah menjadi emas
Dokter Terawan sudah bekerja keras
Tugas kita melanjutkan sampai tuntas.

(up/up)