Rabu, 30 Des 2020 11:03 WIB

Bebas Biaya Operasi Batu Ginjal, Rendy Bersyukur Jadi Peserta JKN-KIS

Jihaan Khoirunnisaa - detikHealth
BPJS Kesehatan Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Sebagai perlindungan kesehatan, program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah dirasakan manfaatnya oleh banyak masyarakat Indonesia, seperti yang dialami Hendrikus Arkian (43). Pria asal Melolo, Sumba Timur ini berbagi pengalamannya saat menggunakan kartu kepesertaan JKN-KIS untuk menjalani operasi tembak laser karena mengidap batu ginjal.

"Saya sempat kaget dengan tagihan rumah sakit yang tidak sedikit jumlahnya, jika saya tidak menjadi peserta JKN-KIS, saya harus mengeluarkan biaya hingga puluhan juta rupiah sendiri, beruntung saya sudah ada JKN-KIS, sehingga semua biaya dijamin penuh BPJS Kesehatan," ungkap Hendrikus dalam keterangan tertulis, Rabu (30/12/2020).

Merasakan langsung manfaat dari JKN-KIS, Hendrikus atau yang akrab disapa Rendy ikut mengajak masyarakat yang belum menjadi peserta JKN-KIS untuk segera mendaftarkan diri. Hal ini agar sewaktu-waktu diperlukan saat sakit, masyarakat tidak perlu khawatir lagi akan mahalnya biaya pelayanan kesehatan.

"Berita negatif tentang JKN-KIS yang memberikan pelayanan yang buruk ternyata tidak benar. Semua pelayanan di fasilitas kesehatan menggunakan JKN-KIS semua berjalan optimal, dan saya telah membuktikan sendiri. Manfaat yang saya terima sangat besar, dimulai dari pelayanan yang optimal hingga lolos dari biaya pembayaran operasi," terangnya.

Tidak lupa, Hendry berpesan agar masyarakat yang sudah menjadi peserta JKN-KIS rutin membayar iuran tepat waktu setiap bulannya, yakni sebelum tanggal 10 supaya kepesertaan JKN-KIS selalu aktif.

Di akhir perbincangan, dirinya menaruh harapan agar Program JKN-KIS terus ada di Indonesia untuk memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat.

"Terima kasih JKN-KIS, dengan gotong royong kita semua sehat bersama," tutupnya.



Simak Video "Kemenkes Tegaskan Vaksin Gratis Tanpa Syarat!"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)