Jumat, 01 Jan 2021 08:02 WIB

5 Kondisi Kesehatan Dilihat dari BAB Pertama di 2021, Termasuk yang Mana?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Toilet BAB pertama di 2021 (Foto: iStock)
Jakarta -

Aktivitas pertama di tahun yang baru selalu menghadirkan kenangan tersendiri. Jika buang air besar (BAB) pertama di 2021 termasuk momen yang berkesan, pernahkan terpikir bahwa hal itu bisa menunjukkan kondisi kesehatan?

Ada banyak hal yang bisa diamati saat BAB, yang mencerminkan kondisi saluran pencernaan. Atau lebih luas lagi, kondisi sistem metabolisme tubuh juga bisa teramati dari kondisi BAB. Seseorang yang sedang tidak sehat kadang-kadang juga bisa diamati dari BAB.

Apa saja sih yang bisa diamati? Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut, dikutip dari Hopkinsmedicine.

1. BAB keras seperti kerikil

Feses yang keras saat BAB dan berbentuk seperti kerikil adalah gejala konstipasi, atau orang awam menyebutnya sembelit. Hanya keluar feses sedikit dan terasa tidak tuntas juga termasuk kriteria sembelit.

Dalam saluran pencernaan, usus besar akan menyerap cairan untuk memadatkan feses. Pergerakan usus yang terlalu lambat menyebabkan penerapan cairan jadi berlebihan sehingga feses mengeras dan susah dikeluarkan.

2. Berubah warna

Ada banyak faktor yang mempengaruhi warna feses saat BAB. Mulai dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, hingga pengaruh enzim-enzim pencernaan.

Perubahan warna saat BAB umumnya adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika menemukan kemerahan pada feses, waspadai kemungkinan bercak darah yang menandakan adanya masalah pada sistem pencernaan.

3. Hitam dan lengket

Penyebab paling umum feses berwarna hitam dan lengket adalah suplemen zat besi dan obat-obatan mengandung bismuth. Penyebab lain yang perlu diwaspadai adalah kemungkinan terjadinya perdarahan pada saluran cerna, baik di lambung maupun usus kecil.

Bagaimana dengan BAB berminyak atau panjang seperti pensil? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Nggak Baik! Ini Risiko Main Ponsel Sambil BAB"
[Gambas:Video 20detik]