Jumat, 01 Jan 2021 14:04 WIB

Pasangan Sedang Subur atau Tidak? Ini Ciri-ciri untuk Mengenalinya

Tim detikHealth - detikHealth
Negative pregnancy test with circling date in calendar. Planning of pregnancy, trying to have baby. Top view. Ciri-ciri masa subur (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagi pasangan yang sedang menantikan kehadiran buah hati, penting sekali untuk mengenali masa subur. Berhubungan seks pada masa ini punya peluang lebih besar untuk terjadi pembuahan dan kehamilan.

Menurut dr Irfan Rahmatullah, SpOG, siklus haid normalnya berlangsung 28 hari. Masa subur menurutnya mulai terjadi 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya.

"Jadi, kalau memiliki siklus haid 28 hari, masa subur dimulai dari hari ke-14 sampai empat hari ke depannya," kata dr Irfan dikutip dari buku 9 Bulan Dibuat Penuh Cinta Dibuai Penuh Harap.

Selain itu, masa subur juga bisa dikenali dari beberapa tanda. Di antaranya sebagai berikut:

1. Payudara terasa nyeri

Masa subur bisa ditandai dengan gejala fisik, salah satunya nyeri di bagian payudara dan panggul. Nyeri pada payudara biasanya terasa di area puting akibat aliran hormon yang terjadi pada fase ovulasi.

Sementara itu, nyeri di panggul umumnya lebih bervariasi durasi maupun lokasinya. Ada yang merasakannya beberapa menit saja, ada juga yang sampai berjam-ham lamanya.

2. Perubahan suhu basal

Kenaikan suhu tubuh basal terjadi ketika ovulasi, yang menandakan wanita sedang dalam masa subur. Pengukuran suhu basal juga merupakan salah satu metode yang dipakai untuk mengamati siklus masa subur.

Perubahan lendir serviks juga bisa menjadi pertanda masa subur. Bagaimana mengamatinya?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Ini Manfaat yang Didapat Jika Mencatat Siklus Haid "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)