Sabtu, 02 Jan 2021 15:12 WIB

Terpopuler Sepekan

Tak Sadar Terinfeksi Corona, Ini 9 Gejala COVID-19 yang Sering Diabaikan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak 9 gejala virus Corona yang seringkali diabaikan. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Saat seseorang terinfeksi virus Corona, gejala yang muncul bisa beragam mulai dari demam hingga kehilangan kemampuan indra penciuman dan perasa. Tetapi, ada juga yang tidak mengalami gejala COVID-19 sama sekali yang disebut asimtomatik.

Seorang ahli jantung dari London, Dr Dominic Pimenta, mengatakan pasien COVID-19 yang mengalami gejala ringan jumlahnya bisa mencapai 80 persen. Bisa jadi saat mengalami gejala yang ringan, orang itu tidak sadar bahwa dirinya terinfeksi COVID-19.

"Kami semua mengetahui gejala khas COVID (demam tinggi dan batuk kering), tetapi banyak juga pasien (hingga 80 persen) memiliki gejala yang sangat ringan atau tak ada gejala sama sekali. Ketika gejala benar-benar terjadi, demam dan batuk muncul pada sekitar 50 persen dan 60 persen pasien," ujar Dr Pimenta yang dikutip dari Cosmopolitan.

Untuk tetap waspada, berikut detikcom rangkum dari berbagai sumber 9 gejala, yang tanpa sadar bisa menjadi tanda pertama kamu terinfeksi COVID-19.

1. Sakit kepala berulang-ulang

Dikutip dari Cosmopolitan, Dr Dominic Pimenta yang merupakan ahli jantung dari London mengatakan sebanyak 70 persen pasien COVID-19 sering mengalami sakit kepala.

Meskipun sakit kepala bukan menjadi gejala utama atau umum dari virus Corona, jika terjadi secara berulang-ulang perlu diwaspadai. Bisa jadi itu adalah gejala atau pertanda bahwa kamu sudah terinfeksi virus Corona.

Untuk memastikannya, segera lakukan tes Corona untuk mengecek apakah kamu benar-benar terinfeksi COVID-19 atau tidak.

2. Kadang merasa sesak napas

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA menyebutkan bahwa gejala sesak napas akibat COVID-19 bisa bertahan lama. Ini mungkin disebabkan adanya peradangan yang berlangsung cukup lama di paru-paru.

"Kalau sudah begini, mungkin penyakit yang kamu alami sebelumnya adalah COVID," kata dokter spesialis penyakit menular dari Vanderbilt University School of Medicine Dr William Schaffner, MD.

Selain dua gejala di atas, gejala apa lagi yang sering diabaikan dan bisa jadi tanda kamu terinfeksi COVID? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Informasi Terkini Seputar Gejala Covid-19 yang Ditimbulkan Varian Omicron"
[Gambas:Video 20detik]