Minggu, 03 Jan 2021 14:58 WIB

Ditemukan di Banyumas, Ini Ciri-ciri Cabai Dicat Merah

Zintan Prihatini - detikHealth
Barang bukti cabai rawit diduga dicat warna merah yang beredar di sejumlah pasar di Kabupaten Banyumas, Rabu (30/12/2020). Temuan cabai rawit dicat merah di Banyumas (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Jakarta -

Temuan cabai rawit dicat merah mengejutkan warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Cabai dicat merah itu telah beredar di beberapa pasar, yaitu Pasar Wage Purwokerto, Pasar Ceremai, dan Pasar Kemutus, Kecamatan Sumbang.

Awalnya penemuan tersebut muncul karena para pedagang pasar di Pasar Wage Purwokerto curiga dengan cabai rawit yang dicat merah itu. Setelah mengetahui hal itu, para pedagang pasar segera melaporkan kejadian tersebut pada (29/12/2020) pagi.

Saat mendapat laporan dari para pedagang pasar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas dan Kantor Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) hingga polisi segera menangani kasus tersebut.

"Kita langsung koordinasi dan melakukan pengecekan ke pedagang, lalu mengambil sedikit barang bukti untuk ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan," ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Wilayah 1 Purwokerto Arif Budiman.

Barang bukti cabai rawit diduga dicat warna merah yang beredar di sejumlah pasar di Kabupaten Banyumas, Rabu (30/12/2020).Barang bukti cabai rawit diduga dicat warna merah yang beredar di sejumlah pasar di Kabupaten Banyumas, Rabu (30/12/2020). Foto: Arbi Anugrah/detikcom

Berdasarkan penyelidikan, Satreskrim Polresta Banyumas yang bekerjasama dengan Polres Temanggung menangkap BN (35) warga Desa Nampirejo, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung. Ia merupakan petani cabai di Temanggung, dan mengakali cabai-cabai yang terjual di pasar Wage Purwokerto serta beberapa pasar lainnya menggunakan cat semprot.

Alasan pelaku tak lain karena tergoda dengan harga cabai rawit merah yang mencapai Rp 45 ribu per kilogram saat itu. Sedangkan cabai rawit putih, dan cabai rawit hijau dihargai Rp 19 ribu per kilogramnya.

Bagaimana ciri-ciri cabai rawit yang sudah dicat merah?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Perkembangan Laju Kasus Covid-19 di Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)