Minggu, 03 Jan 2021 17:51 WIB

10 Fakta 'Disease X' yang Diprediksi Jadi Pandemi Seperti COVID-19

Zintan Prihatini - detikHealth
3D illustration. Genetic test in test tube. Ilmuwan memprediksi pandemi baru yang dipicu Disease X (Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage)

7. COVID-19 juga merupakan 'Disease X'

Saat forum di Jenawa, para ilmuwan memprediksi 'Disease X' berasal dari hewan, dan muncul dari tempat yang perkembangan ekonominya beriringan antara manusia dan satwa liar.

Ilmuan juga sebelumnya memprediksi mudahnya virus menyebar seperti flu musiman tetapi jauh lebih mematikan. Pandemi COVID-19 saat ini mungkin dapat dikategorikan sebagai 'Disease X' yang pertama.

8. Lebih berbahaya dari COVID-19

'Disease X' mungkin lebih mematikan daripada COVID-19, sangat menular dan bermutasi dengan cepat.

"Cara penularannya tidak diketahui pada awalnya, begitu pula gambaran gejala atau tingkat keparahannya," ujar profesor sekaligus wakil dekan penelitian di
Saw Swee Hock School of Public Health di National University of Singapore, Alex Cook.

9. Ada kandidat potensial 'Disease X'

Banyak ahli percaya 'Disease X' berasal dari penularan zoonosis, yang penularan virusnya dari hewan ke manusia. Ini adalah proses alami yang berpotensi cepat karena kegiatan ekonomi melalui kontak hewan dan manusia.

Pada September 2019, Public Health England (PHE) menyatakan bahwa 'Disease X' dapat bermanifestasi ke bentuk infeksi bakteri dengan peningkatan resistensi antibiotik.

10. Menginspirasi cerita fiksi 'Disease X'

Ada buku fiksi yang menulis tentang 'Disease X' yang ditulis Shannon C. Burdette berjudul Disease X by N. J. Croft and Disease X: The Outbreak. Buku ini menarik untuk dibaca karena menyajikan interpretasi penulis tentang epidemi mematikan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Waspada! 'Disease X' Akan Menyerang di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)