Senin, 04 Jan 2021 10:45 WIB

Biar Tak Terkecoh, Ini Bedanya Perut Buncit karena Hamil Vs Lemak

Farah Nabila - detikHealth
Woman in Active Wear With Squeezed Measuring Tape on a Gray BackgroundWoman in Active Wear With Squeezed Measuring Tape on a Gray Background Perut membuncit tak selalu karena hamil (Foto: Istock)
Jakarta -

Banyak wanita yang masih tidak menyadari bahwa dirinya hamil. Terlebih, saat tidak ada gejala spesifik serta bentuk perut yang memang sudah memiliki bakat besar karena sisa-sisa melahirkan sebelumnya.

Tak heran, banyak wanita yang kemudian tidak menyadari kalau sebenarnya dirinya hamil. Ciri-ciri perut hamil memang seringkali mirip dengan perut buncit, sehingga sulit membedakannya. Tetapi, sebenarnya ada perbedaan yang dapat dikenali.

"Gejala kehamilan sangatlah bervariasi dari setiap wanita. Biasanya, tanda awal kehamilan ialah menstruasi yang terlewat dan beberapa lainnya merasakan kelelahan dan sedikit mual," ujar dr Prudence Knight dari Push Doctor, dikutip dari HaiBunda.

Dokter Prudence menambahkan, faktanya, mual dan muntah serta kelelahan adalah gejala paling umum dari kehamilan. Gejala ini cenderung muncul sekira enam minggu dari haid terakhir dan membaik setelah 12 minggu dan seterusnya.

"Beberapa wanita juga mendapati sedikit bercak di sekitar waktu menstruasi. Ini diperkirakan karena embrio yang ditanamkan di rahim," tambahnya.

Mengutip dari laman Newtonbaby, jika sebelum kehamilan wanita memiliki perut yang rata atau six pack, tentunya perut tidak akan segera tampak membesar setelah kehamilan terjadi. Apalagi, wanita yang memiliki bentuk tubuh lebih tinggi tentunya penampakan tonjolan perut tidak akan segera terlihat.

Begitu juga jika ini jadi kehamilan pertama, maka pertumbuhan perut tidak akan langsung tampak. Hal ini akan tampak berbeda ketika menjalani kehamilan kedua dan seterusnya, maka ciri-ciri perut hamil akan segera terlihat dari penonjolan perut yang lebih tampak.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Brasil Hentikan Sementara Vaksin AstraZeneca untuk Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)