Minggu, 03 Jan 2021 10:01 WIB

8 Tips Menghilangkan Lemak Perut Agar Terwujud Resolusi Sixpacks 2021

Kanya Anindita - detikHealth
Sporty young female athlete on yoga mat doing sit up in gym. Fitness woman doing abs crunches. Banyak cara mewujudkan resolusi perut sixpacks (Foto: iStock)
Jakarta -

Lemak berlebih di perut biasanya mengganggu penampilan serta mengurangi tingkat percaya diri. Jenis lemak ini disebut lemak visceral yang merupakan faktor utama penyebab sakit diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kondisi kesehatan lainnya.

Banyak organisasi kesehatan menggunakan indeks massa tubuh (IMT) untuk mengklasifikasikan berat badan dan memprediksi risiko penyakit. Namun nyatanya, orang yang kurus sekalipun berisiko terkena penyakit karena penimbunan lemak dalam perutnya.

Berikut 8 tips menghilangkan lemak di perut dikutip dari Healthline:

1. Makan makanan kaya serat larut

Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan Anda. Studi menunjukkan bahwa jenis serat ini mendorong penurunan berat badan dengan membantu Anda merasa kenyang, jadi Anda bisa makan lebih sedikit.

Serat larut juga dapat membantu melawan lemak perut. Makanan kaya akan serat larut, seperti kubis, alpukat, kacang-kacangan, dan mie shirataki.

2. Hindari makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans banyak ditemukan pada margarin dan selai. Lemak ini telah dikaitkan dengan peradangan, penyakit jantung, dan penambahan lemak perut.

3. Makan makanan berprotein tinggi

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk mengatur berat badan. Asupan protein tinggi dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Protein juga meningkatkan laju metabolisme Anda dan membantu Anda mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan. Jenis protein yang bisa dikonsumsi adalah daging, ikan, telur, dan produk susu.

4. Kurangi tingkat stres

Stres bisa membuat perut Anda bertambah gemuk dengan memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut.

Untuk membantu mengurangi lemak perut, lakukan aktivitas menyenangkan yang menghilangkan stres. Yoga atau meditasi bisa menjadi solusinya.

Tips apa lagi untuk mengurangi lemak berlebih di perut?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "3 Gerakan Ampuh Penghilang Lemak Ala Mahendra"
[Gambas:Video 20detik]