Senin, 04 Jan 2021 14:07 WIB

Saran Pakar Agar Disease X Tak Jadi Pandemi Setelah COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Blood cells, molecule of DNA forming inside the test tube. 3D illustration, conceptual image of science and technology. Ilustrasi Disease X. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage)
Jakarta -

Saat COVID-19 masih menyerang, dunia tengah dibuat khawatir dengan munculnya penyakit baru yang disebut Disease X. Salah satu yang dicurigai sebagai Disease X yaitu kasus perdarahan atau hemoragi yang ditemukan di Kongo, Afrika.

Agar penyakit baru yang belum diketahui secara pasti seperti Disease X tidak jadi pandemi baru, perlu dilakukan upaya pencegahan. Epidemiolog dari Universitas Airlangga Windhu Purnomo memberikan beberapa saran, salah satunya dengan mengawasi makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat, baik itu dari hewan liar maupun ternak.

"Di Indonesia ada beberapa etnis yang mengonsumsi makanan non ternak. Pemerintah juga harus terus mengawasi hewan-hewan tersebut, jangan dilarang untuk memakannya tapi harus diupdate terus kandungan virus, bakteri dan parasit yang ada di hewan itu," jelas Windhu pada CNNIndonesia.com, Senin (5/1/2021).

Windhu memberikan dua saran yang bisa dilakukan untuk mencegah Disease X ini kembali menjadi pandemi baru, seperti COVID-19 yang masih menyerang dunia saat ini.

1. Memantau hewan-hewan ternak

Tak hanya mengawasi konsumsi hewan-hewan liar, hewan ternak pun juga perlu dimonitor atau diawasi. Ia menilai regulator terkadang lalai dalam mengawasi hewan-hewan ternak yang banyak dikonsumsi masyarakat.

Contohnya saat Idul Adha, banyak peternak yang langsung saja menjual hewan-hewan hasil ternaknya untuk dijadikan kurban. Akibatnya, bisa saja ada virus atau penyakit yang ada di dalam hewan tersebut yang tidak diketahui.

Windhu meminta agar pemerintah terus memantau dan menilai lebih ketat agar tercipta sistem yang bisa mencegah mutasi virus-virus berbahaya menyebar.

2. PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat)

Windhu juga menyarankan cara lain untuk mencegah terjadinya penularan virus yang bisa saja berpotensi menjadi pandemi baru seperti Disease X. Caranya dengan menjalani Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan benar.

Menurutnya, PHBS ini bisa mencegah penularan virus, bakteri, maupun parasit dari hewan ke manusia, bahkan manusia ke manusia yang berpotensi menjadi wabah hingga pandemi.

"PHBS itu tidak hanya cuci tangan saja, tapi juga bagaimana kita meningkatkan daya tahan tubuh dengan sering berolahraga yang cukup, rutin, istirahat cukup. Kalau sudah melakukan itu, Insyaallah beresiko rendah tertular penyakit baru," katanya.

Selain itu, Windhu juga menjelaskan cara pencegahan agar virus, bakteri, maupun parasit ini tidak berpotensi memunculkan Disease X harus didukung oleh pemerintah. Misalnya seperti ketersediaan fasilitas, teknis penelitian, dan anggaran yang bisa mendorong para ilmuwan untuk melakukan penelitian terkait virus-virus terbaru.



Simak Video "Waspada! 'Disease X' Akan Menyerang di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)