Senin, 04 Jan 2021 14:47 WIB

RS Rujukan COVID-19 Diduga Kehabisan Oksigen, Potret Nakes Ini Viral

Firdaus Anwar - detikHealth
Potret perawat di mesir duduk di pojokan ruang ICU viral. (Foto: Tangkapan layar Twitter)
Jakarta -

Di media sosial beredar video viral yang menunjukkan kondisi rumah sakit (RS) rujukan COVID-19 di Mesir. Dalam video tampak para tenaga kesehatan berusaha membantu pasien agar tetap hidup ketika terjadi krisis, diduga akibat suplai oksigen yang habis.

Satu perawat jadi sorotan ketika dirinya terekam kamera meringkuk di pojokan sementara rekannya yang lain sedang meresusitasi pasien. Sebagian netizen berkomentar sang perawat tampak kewalahan dan ketakutan.

"Sangat menyakitkan bila harus melihat penderitaan orang lain tanpa bisa membantu apa-apa kecuali duduk di pojok. Saya harap perawat ini baik-baik saja," kata satu pengguna Twitter.

Setidaknya ada empat pasien COVID-19 yang meninggal dalam insiden di rumah sakit milik pemerintah tersebut. Pemerintah menyangkal tuduhan RS kehabisan suplai oksigen dan menyebut pasien meninggal karena komplikasi penyakit ditambah infeksi virus.

"Seluruh RS memiliki suplai oksigen yang cukup untuk merawat pasien COVID-19," komentar Menteri Kesehatan Mesir, Hala Zayed, seperti dikutip dari Al Jazeera pada Senin (4/1/2021).

Investigasi kini sedang dijalankan oleh tim dari kantor kejaksaan setempat. Sebelumnya kasus serupa pernah dilaporkan juga terjadi seminggu lalu di rumah sakit berbeda.



Simak Video "Fluktuasi Pasien Keluar Masuk Wisma Atlet: 350-400 per Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)