Senin, 04 Jan 2021 16:30 WIB

Kevin Sanjaya Positif COVID-19, Sebut Tak Bisa Cium Bau Makanan

Ayunda Septiani - detikHealth
Kevin/Markus Melaju ke Final BIO 2018

Pasangan ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya-Marcus Fernaldi menghadapi pasangan ganda putra Indonesia Alfian Fajar-Rian Ardianto di babak semifinal Bca Indonesia Open 2018, Jakarta, Sabtu (7/7/2018). Pada pertandingan semifinal ini pasangan ganda nomor 1 dunia Kevin/Markus menang 2 gim langsung dan berhak melaju ke babak final. Grandyos Zafna/detikcom Kevin Sanjaya positif COVID-19. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Kevin Sanjaya positif COVID-19 dan dipastikan batal ke Bangkok, Thailand, bersama Fernaldi Gideon pasangan ganda putra nomor satu dunia. Turnamen akan berlangsung pada 12 hingga 31 Januari.

"Berdasarkan tes terakhir yang dijalani Kevin pada 31 Desember 2020 kemarin, hasil swab test PCR dia positif," tutur dr Octaviani, dokter di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, dalam rilisnya.

Menurut dr Octaviani, swab PCR yang dilakukan Kevin terakhir kalinya yaitu Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, tanggal 31 Desember 2020.

Namun tiga hari sebelumnya, pada tanggal 28 Desember, Kevin Sanjaya sempat melakukan tes Corona di Rumah Sakit Mitra Keluarga. Hasilnya menunjukkan Kevin positif COVID-19.

Kevin menyebut ia mengalami gejala COVID-19 tidak bisa mencium bau makanan, sedikit flu pada pertengahan Desember lalu. Kevin pun melakukan Swab PCR pada 20 Desember 2020 di Rumah sakit yang sama dengan hasil positif. Kevin pun kemudian melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Terima kasih atas doa dan dukungannya, semoga saya bisa cepat pulih dan bisa berlatih kembali seperti semula. Ini sekaligus pelajaran bagi saya untuk selalu waspada ke depannya," sebut Kevin.

Gangguan indra penciuman merupakan salah satu gejala khas pada pasien positif COVID-19. Selain anosmia atau ketidakmampuan mencium bau, beberapa pasien juga mengeluhkan parosmia atau distorsi penciuman. Bagi pengidap parosmia, bau harum bisa tercium sebagai bau tidak sedap.



Simak Video "Ada Gejala Baru Covid-19 Bernama Parosmia, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)