Selasa, 05 Jan 2021 05:00 WIB

Penyebab Ambeien Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Lusiana Mustinda - detikHealth
Ambeien Foto: iStock
Jakarta -

Ambeien dikenal juga dengan wasir. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah yang membengkak di bagian bawah anus dan rektum. Ketika dinding pembuluh darah meregang, mereka akan menjadi teriritasi.

Meskipun ambeien pada wanita tidak menyenangkan dan menyakitkan, ambeien mudah diobati dan sangat dapat dicegah. Karena ambeien umumnya semakin parah dari waktu ke waktu sehingga dokter menyarankan agar ambeien segera diobati saat muncul.

Dilansir dalam Medical News Today, wanita lebih mungkin terkena ambeien atau wasir saat hamil karena adanya tekanan dari pembesaran kandungan waktu hamil. Dan pembuluh darah juga akan semakin membengkak seiring dengan bertambahnya usia.

Penyebab ambeien pada wanita bisa jadi karena memiliki masalah buang air besar (BAB) atau konstipasi dan juga wanita yang memiliki riwayat keluarga menderita wasir.

Gejala ambeien bisa dikurangi dengan beberapa cara yakni:

1. Krim dan salep topikal

Krim yang mengandung hidrokortison dapat dibeli secara online. Krim ini dapat dioleskan ke kulit untuk mengurangi peradangan. Obat wasir atau ambeien yang dijual bebas di apotek bisa membantu.

Salep ini bisa dipakai dengan cara dioleskan ke daerah yang ambeien. Sedangkan untuk obat pelet bisa dimasukkan melalui lubang dubur.

2. Kompres air es
Kompres dengan air dingin ke area yang sakit dapat membantu mengurangi pembengkakan.

3. Bedah dan non bedah
Penderita ambeien bisa melakukan pemeriksaan dokter jika gejalanya tambah parah. Salah satu tanda gejala ambeien yang parah adalah ketika muncul perdarahan dari lubang anus atau perdarahan segar saat BAB. Dan menderita kesakitan serta sulit melakukan aktivitas sehari-hari.



Simak Video "Apakah Janin Ikut Tertular Jika Ibu Hamil Positif Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)