Selasa, 05 Jan 2021 11:32 WIB

Pegulat Sumo Top di Jepang Terinfeksi Corona!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kehidupan para pesumo Jepang di Kota Nagoya Pesumo Jepang terinfeksi Corona. (Foto ilustrasi: (Issei Kato/Reuters)
Jakarta -

Atlet atau pegulat sumo peringkat teratas di Jepang, Hakuho, dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. Asosiasi Sumo Jepang (JSA) mengumumkan hal ini pada Selasa (4/1/2020).

Dikutip dari Reuters, Hakuho adalah pria kelahiran Mongolia, yang merupakan yokozuna atau pegulat sumo profesional terlama, dan peringkat tertinggi di Jepang sejauh ini. Lewat situs resmi JSA, diumumkan jika dirinya mengalami gejala COVID-19 anosmia, seperti kehilangan kemampuan mencium dan merasakan sesuatu.

Tes positif COVID-19 Hakuho datang tepat lima hari sebelum turnamen besar tahun baru sumo akan dimulai pada 10 Januari.

"Hakuho sekarang akan meminta saran dari para spesialis dan pegulat lainnya terkait perlombaan yang akan datang, terkait kondisi dirinya terpapar COVID-19," menurut pernyataan tersebut.

Sejauh ini, JSA juga belum menyebutkan apakah turnamen akan ditunda. Kasus serupa terjadi pada Mei, pegulat sumo berusia 28 tahun, Shobushi, terpapar Corona, tetapi dirinya tak berhasil melawan COVID-19 dan meninggal karena kegagalan beberapa organ akibat terinfeksi.

Hingga Selasa, Jepang telah melaporkan 249.246 kasus virus Corona dan 3.693 kematian. Di sisi lain, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menyatakan keadaan darurat untuk Tokyo dan daerah sekitarnya terkait COVID-19 akan diputuskan pada hari Kamis, demikian laporan media lokal.



Simak Video "Virus Corona Mengancam Kerusakan Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)