Selasa, 05 Jan 2021 14:17 WIB

Menkes Budi Soal Kemungkinan Efek Samping Vaksin COVID-19: Pegal hingga Demam

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Petugas kesehatan di Bali menggelar simulasi penyuntikan vaksin COVID-19. Simulasi itu digelar sebagai bentuk persiapan penyuntikan vaksinasi COVID-19. Simulasi vaksinasi COVID-19. (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksinasi COVID-19 kemungkinan akan menimbulkan sederet efek samping seperti pegal hingga demam. Hal ini disampaikan BGS dalam rapat koordinasi Kesiapan Vaksinasi COVID-19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021 di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat.

"Arahan dari Bapak Presiden, karena kemungkinan akan ada sedikit dampak, misalnya pegal sedikit, demam sedikit, jadi dalam satu Puskesmas, misalnya ada empat perawat, jangan sampai di hari yang sama kita vaksin semua," kata Menkes Budi.

Efek samping pasca vaksinasi menurutnya jadi hal penting yang harus diwaspadai. Menkes Budi juga meminta agar tenaga kesehatan tidak disuntik vaksin dalam satu waktu.

Dalam petunjuk teknis resmi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, dijelaskan bahwa vaksin Corona secara umum tidak menimbulkan efek samping, namun apabila terjadi biasanya hanya reaksi ringan.

Reaksi yang mungkin terjadi setelah vaksinasi COVID-19 hampir sama dengan vaksin yang lain, di antaranya:

1. Reaksi lokal, seperti nyeri, kemerahan, bengkak pada tempat suntikan, dan reaksi lokal lain yang berat, misalnya, selulitis.

2. Reaksi sistemik, seperti demam, nyeri otot seluruh tubuh (myalgia), nyeri sendi (arthralgia), badan lemas, dan sakit kepala.

3. Reaksi lain, seperti reaksi alergi,misalnya, urtikaria, reaksi anafilaksis, dan syncope (pingsan).

Untuk penanganan reaksi ringan lokal pasca vaksinasi seperti nyeri, bengkak dan kemerahan pada tempat suntikan, petugas kesehatan dapat menganjurkan penerima vaksin untuk melakukan kompres dingin pada lokasi tersebut dan meminum obat paracetamol sesuai dosis

Sementara untuk reaksi ringan sistemik seperti demam dan malaise, petugas kesehatan dapat menganjurkan penerima vaksin untuk minum lebih banyak, menggunakan pakaian yang nyaman, kompres atau mandi air hangat, dan meminum obat paracetamol sesuai dosis.



Simak Video "Laporan BPOM soal Efek Samping Penyuntikan Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)