Selasa, 05 Jan 2021 15:56 WIB

Pamer Lifehack Terbang ke Bali, Richard Muljadi Maskernya Kok Pakai Selang?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Richard Muljadi Richard Muljadi pakai masker selang. Foto: Richard Muljadi/Instagram
Jakarta -

Sosialita Richard Muljadi jadi perbincangan setelah terbang ke Bali. Di postingan Instagram storiesnya, Richard mengunggah momen 'lifehack' menyewa semua kursi pesawat demi terbang ke Bali.

"We're super paranoid. Had to make sure no one else in this flight. We ain't flying unless its just us," jelas Richard dalam unggahan stories pertama Richard Muljadi.

Selain triknya menyewa seluruh kursi untuk terbang ke Bali jadi sorotan, masker yang ia kenakan juga diperbincangkan. Terlihat ia memakai masker yang dilengkapi dengan selang udara saat terbang bersama pasangannya.

Masker yang dilengkapi dengan selang udara juga pernah digunakan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar. Masker jenis ini memiliki fitur tambahan yakni selang yang terhubung dengan kipas, berfungsi mengirimkan udara yang akan dihirup.

Terkait efektivitasnya, spesialis paru dr Erlang Samoedro SpP, mengatakan masker selang dalam menyaring udara dan virus sama dengan masker kain. Hanya saja, kipas menambah rasa nyaman karena memastikan udara masuk sehingga tidak pengap.

"Sama saja hanya lebih nyaman dipakai karena ada kipasnya sehingga tidak pengap," kata Erlang kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Masker selang yang dilengkapi dengan HEPA atau High-Efficiency Particulate Air (HEPA) disebut bisa memiliki efektivitas menyaring udara yang lebih baik.

"Kalau ada filter HEPA memang lebih baik dalam penyaringan, bisa sampai 99 persen," kata Erlang.

Mengutip TODAY, sebuah penelitian dari Missouri S&T yang dipimpin oleh Yang Wang, Ph.D, asisten profesor teknik lingkungan, menerangkan bahwa masker kain hanya memblokir 10-20 persen partikel. Namun tambahan beberapa lapisan filter HEPA bisa memblokir 80-90 persen partikel virus.



Simak Video "Hasil Simulasi Superkomputer Jepang, Pakai Dua Masker Kurang Efektif"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)