Selasa, 05 Jan 2021 19:00 WIB

Bak Keajaiban, Pria Bangun dari Koma karena COVID-19 Usai Dengar Suara Istri

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
COVID-19 named by WHO for Novel coronavirus NCP concept. Doctor or lab technician in PPE suit holding blood sample with novel (new) coronavirus  in Wuhan, Hubei Province, China, medical and healthcare Foto: Getty Images/iStockphoto/Pornpak Khunatorn
Jakarta -

Seorang pria positif Corona harus dirawat dua bulan di RS dan koma karena COVID-19. Ia sebelumnya menerima terapi plasma darah dan pengobatan remdesivir tapi kondisinya tak juga kunjung membaik.

Dikutip dari Fox News, kondisinya terus memburuk selama lebih dari 60 hari meski sudah mendapatkan beberapa perawatan.

"Tidak ada yang berhasil," kenang pria benama Don Gillmer asal South California, Amerika Serikat.

"Tidak ada yang membantu saya pulih, jadi saya tidak akan pernah lupa ketika para petugas medis datang dengan dokumen yang harus saya tanda tangani untuk menggunakan ventilator. Itu membuat saya takut," ceritanya.

Suhu badan Gilmer terus meningkat, bahkan hingga 104 derajat Celcius. Pada akhirnya, para dokter setempat menempatkan dirinya dalam keadaan koma, diinduksi secara medis.

Bak keajaiban, pria ini mengklaim jika kata-kata istrinya yang sayup terdengar berhasil membuat dirinya bangun dari koma dan kondisinya langsung membaik.

"Saya bersumpah saya mendengar suara istriku, saya bersumpah saya mendengar suaranya, dan saat dia meninggalkan (rumah sakit), kondisi saya sudah stabil. Dia malaikatku. Dialah alasan saya berada di sini, (behasil keluar dari RS)," katanya.

Kini kondisi Gillmer sudah membaik. Namun, beberapa bulan pasca sembuh, Gillmer mengaku dia masih membutuhkan terapi fisik dua kali seminggu untuk benar-benar pulih.

Ia ikut berpesan agar tak ada lagi yang meremehkan COVID-19. Protokol COVID-19 tetap harus berjalan di tengah kasus Corona yang juga belum mereda.

"Kita harus pintar dan rajin serta saling menjaga. Ini tentang lingkungan terdekatmu," katanya.



Simak Video "Dua Pasien COVID-19 Menikah di Rumah Sakit Madrid"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)