Sabtu, 09 Jan 2021 05:00 WIB

8 Cara Mencegah Penyakit Jantung yang Harus Dilakukan Mulai Sekarang

Tim detikcom - detikHealth
ilustrasi sakit jantung Foto: shutterstock/8 Cara Mencegah Penyakit Jantung yang Harus Dilakukan Mulai Sekarang
Jakarta -

Jantung adalah organ vital tubuh yang menjadi pusat peredaran darah. Karena itu penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan.

Dalam masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, penderita penyakit jantung memiliki gejala lebih berat jika terinfeksi virus Corona. Pengentalan darah pada orang terpapar COVID-19 akan meningkatkan risiko gangguan jantung.

"Selain COVID-19 menyerang paru, dia juga membuat darah mudah kental. Jadi pasien yang sudah punya masalah jantung, terutama masalah jantung koroner, itu akan mengalami keluhan atau manifestasinya sama seperti orang yang kena serangan jantung karena darahnya kental," kata dr Dafsah Arifa Juzar, SpJP(K) dari Divisi Heartology RS Brawijaya Saharjo, yang ditulis detikcom, Rabu (30/9/2020).

Perlu juga diketahui penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, tidak mengenal usia. Jadi pengidap sakit jantung bukan hanya golongan tua. Karena itu penting diketahui cara mencegah penyakit jantung.


Berikut cara mencegah penyakit jantung yang harus dilakukan mulai sekarang dilansir mayo clinic:

1. Kontrol Porsi Makan

Mengontrol ukuran porsi makan dapat mencegah penyakit jantung. Makan sampai merasa kenyang dapat menyebabkan Anda makan lebih banyak kalori dari yang seharusnya.

Porsi yang disajikan di restoran seringkali lebih dari yang dibutuhkan siapa pun.

Gunakan piring atau mangkuk kecil untuk membantu mengontrol porsi Anda. Makan porsi besar makanan rendah kalori dan kaya nutrisi, seperti buah-buahan dan sayuran.

Makan dalam porsi lebih kecil dari makanan berkalori tinggi dan tinggi natrium, seperti makanan olahan atau cepat saji. Strategi ini dapat membentuk pola makan serta kesehatan jantung dan memperkecil lingkar pinggang Anda.

2. Makan Lebih Banyak Sayur dan Buah

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Sayuran dan buah-buahan juga rendah kalori dan kaya serat makanan.

Sayuran dan buah-buahan, seperti tumbuhan atau makanan nabati lainnya, mengandung zat yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Makan lebih banyak buah dan sayuran dapat membantu Anda mengurangi makanan berkalori tinggi, seperti daging, keju, dan makanan ringan.

Pilih resep yang memiliki sayuran atau buah-buahan sebagai bahan utamanya, seperti tumis sayur atau buah segar yang dicampurkan ke dalam salad.

3. Pilih Biji-bijian

Biji-bijian utuh merupakan sumber serat dan nutrisi lain yang berperan dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Anda dapat meningkatkan jumlah biji-bijian dalam diet jantung sehat dengan membuat pengganti sederhana untuk produk biji-bijian olahan.

Pilih biji-bijian seperti quinoa atau barley.


4. Batasi Lemak Tidak Sehat

Cara mencegah penyakit jantung berikutnya yakni membatasi lemak tidak sehat.

Membatasi seberapa banyak lemak jenuh dan lemak trans yang Anda makan merupakan langkah penting untuk mengurangi kolesterol darah dan menurunkan risiko penyakit arteri koroner.

Tingkat kolesterol darah yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri Anda, yang disebut aterosklerosis, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Anda dapat mengurangi jumlah lemak jenuh dalam makanan Anda dengan mengurangi lemak dari daging atau memilih daging tanpa lemak dengan lemak kurang dari 10 persen.

Anda juga bisa menambahkan lebih sedikit mentega, margarin, dan mentega putih saat memasak.

Anda juga dapat menggunakan makanan rendah lemak jika memungkinkan untuk diet jantung sehat.

Misalnya, taburi kentang panggang Anda dengan yoghurt rendah lemak daripada mentega, atau gunakan irisan buah utuh atau olesan buah rendah gula pada roti panggang Anda, bukan margarin.

Saat Anda menggunakan lemak, pilih lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun atau minyak kanola.

Lemak tak jenuh ganda, yang ditemukan pada ikan, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian tertentu, juga merupakan pilihan yang baik untuk diet jantung sehat.

Cara mudah untuk menambahkan lemak sehat (dan serat) ke dalam makanan Anda adalah biji rami. Biji rami adalah biji kecil berwarna coklat yang tinggi serat dan asam lemak omega-3.

Beberapa penelitian menemukan bahwa biji rami dapat membantu menurunkan kolesterol pada beberapa orang, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian. Anda dapat menggiling bijinya dalam penggiling kopi atau food processor dan mengaduk satu sendok teh biji-bijian tersebut ke dalam yoghurt, saus apel atau sereal hangat.

Selanjutnya
Halaman
1 2