Sabtu, 09 Jan 2021 10:03 WIB

Daftar Petinggi Negara yang Sudah Vaksin COVID-19, Joe Biden hingga Raja Salman

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Apakah Dosis Kedua Vaksin Corona Bisa Diberikan Lebih Lambat? Foto: DW (News)
Jakarta -

Sejumlah negara telah memulai program vaksinasi COVID-19. Vaksin Corona yang dikembangkan juga telah mendapat izin penggunaan darurat oleh beberapa negara.

Selain tenaga kesehatan sebagai kelompok prioritas penerima vaksin, beberapa petinggi negara juga mulai mendapat suntikan. Hal ini bertujuan untuk menghapus keraguan warganya atas vaksin COVID-19.

Berikut deretan petinggi negara yang sudah disuntik vaksin Corona, dikutip detikcom dari berbagai sumber.

1. Joe Biden

Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden telah menerima dosis pertama vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech pada 21 Desember 2020 di rumah sakit di Newark, Delaware.

Biden menerima suntikan dari Tabe Mase, perawat dan kepala Pelayanan Kesehatan Karyawan di Rumah Sakit Christiana di Newark, Delaware, di depan wartawan dan disiarkan secara langsung di televisi.

"Saya melakukan ini untuk menunjukkan bahwa orang harus siap ketika vaksin tersedia. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan," kata Biden dikutip dari Reuters.

2. PM Israel Benyamin Netanyahu

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu jadi orang pertama yang disuntik vaksin COVID-19 di Israel. Ia menerima dosis pertama vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech pada 19 Desember.

"Saya minta vaksinasi dulu, bersama Menteri Kesehatan Yuli Edelstein, sebagai contoh pribadi dan mendorong Anda sekalian untuk divaksinasi," kata Netanyahu.

3. PM Singapura Lee Hsien Loong

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, menerima suntikan dosis pertama vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech pada Jumat (8/1/2021). Selepas disuntik, dia mengajak seluruh rakyatnya untuk mau melakukan vaksinasi.

Ia mengatakan vaksinasi yang dilakukannya adalah wujud keyakinan pemerintah dan negara untuk menyatakan vaksin itu aman.

"Saya melakukan vaksinasi lebih awal untuk memperlihatkan kepada rakyat Singapura bahwa kami yakin bahwa vaksin itu aman dan efektif," ujar Lee.

4. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud telah mendapat suntikan pertama vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech. Raja Salman yang berusia 85 tahun itu disuntik tiga minggu setelah Kerajaan Arab Saudi memulai program vaksinasi.

Media resmi Sauda Press Agency menerbitkan gambar dan video yang menunjukkan Raja Salman menerima suntikan vaksin virus Corona.

"Hari ini, raja menerima vaksin untuk mencegah terinfeksi virus, dan inisiatif ini menegaskan kebijakan kerajaan untuk selalu melakukan pencegahan sebelum pengobatan," kata Menteri Kesehatan, Tawfiq Al-Rabiah.



Simak Video "Penanganan Khusus Vaksin Pfizer yang Bikin Stoknya Baru di Jabodetabek"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)