Sabtu, 09 Jan 2021 09:01 WIB

CDC Investigasi Laporan Kematian Nakes Usai Vaksinasi COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
90 year old Margaret Keenan, the first patient in the UK to receive the Pfizer-BioNTech COVID-19 vaccine, administered by nurse May Parsons at University Hospital, Coventry, England, Tuesday Dec. 8, 2020. The United Kingdom, one of the countries hardest hit by the coronavirus, is beginning its vaccination campaign, a key step toward eventually ending the pandemic. (Jacob King/Pool via AP) Ilustrasi vaksinasi COVID-19. (Foto: AP/Jacob King)
Jakarta -

Otoritas kesehatan sedang menyelidiki kasus seorang dokter di Florida Selatan, Amerika Serikat, yang meninggal karena kondisi langka dua minggu setelah menerima dosis pertama vaksin virus Corona Pfizer.

Dikutip dari NBC, dr Gregory Michael, ahli kandungan di rumah sakit Mt. Sinai Medical Center selama lebih dari satu dekade, meninggal pada tanggal 3 Januari. Menurut istrinya Heidi Neckelmann, dia telah divaksinasi pada 18 Desember.

Meskipun saat ini tidak ada bukti medis atau ilmiah yang menunjukkan bahwa kematian Dr. Michael dipicu oleh vaksin, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sedang melakukan penyelidikan rutin atas insiden tersebut karena jangka waktu yang singkat antara kedua peristiwa tersebut.

"CDC, FDA, dan badan federal lainnya meninjau data pemantauan keamanan vaksin COVID-19 secara teratur dan menyajikan informasi ini kepada kelompok kerja ahli keamanan vaksin," kata organisasi itu dalam sebuah pernyataan.

"CDC akan mengevaluasi situasi saat lebih banyak informasi tersedia dan memberikan pembaruan tepat waktu tentang apa yang diketahui dan tindakan yang diperlukan."

Neckelmann mengatakan bahwa dr Michael mulai mengalami gejala aneh beberapa hari setelah menerima dosis vaksin, termasuk bercak kecil di tangan dan kakinya.

Dia akhirnya dirawat di ICU dengan diagnosis Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP), suatu kondisi langka di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang fragmen sel yang ditemukan dalam darah yang dikenal sebagai trombosit. Pada orang dewasa, ini bisa menjadi kronis.

"Dua hari sebelum operasi terakhir, dia mengalami stroke hemoragik yang disebabkan oleh kurangnya trombosit yang merenggut nyawanya dalam hitungan menit," tulis Neckelmann dalam sebuah posting Facebook.

Pfizer mengatakan bahwa perusahaannya mengetahui penyelidikan CDC atas kasus tersebut, mengeluarkan pernyataan yang sebagian mengatakan bahwa para pejabat 'secara aktif menyelidiki, tetapi kami tidak yakin saat ini bahwa saya ada hubungan langsung dengan vaksin tersebut'.

"Belum ada sinyal keamanan terkait yang diidentifikasi dalam uji klinis kami, pengalaman pasca-pemasaran sejauh ini atau dengan platform vaksin mRNA. Sampai saat ini, jutaan orang telah divaksinasi dan kami terus memantau semua kejadian buruk pada individu yang menerima vaksin kami," tulis keterangan Pfizer.



Simak Video "Laporan BPOM soal Efek Samping Penyuntikan Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)