Sabtu, 09 Jan 2021 13:00 WIB

Pasien Jantung Tak Disarankan Suntik Vaksin COVID-19, Ini Alasannya

Farah Nabila - detikHealth
ilustrasi vaksin Ilustrasi vaksinasi COVID-19. (Foto: istimewa)
Jakarta -

Menjelang vaksinasi di Indonesia, terdapat beberapa kriteria yang harus diperhatikan bagi para penerima vaksin COVID-19. Salah satunya pengidap penyakit jantung tidak disarankan untuk menerima vaksin COVID-19.

Menurut dokter jantung dan pembuluh darah konsultan electrophysiologist/interventional cardiologist, dr Sunu Budhi Raharjo, PhD, SpJP(K), dari Heartology Brawijaya Hospital, saat seorang dokter memberikan suatu tatalaksana pada pasien, seperti vaksinasi, ada dua pertimbangan yang harus diperhatikan yakni aspek manfaat dan keamanannya.

"Nah vaksin COVID terutama yang sudah di-approve oleh FDA adalah Pfizer-BioNTech dan Moderna, ketika mereka menggunakan vaksin itu dalam penelitian untuk membuktikan manfaatnya, mereka tidak mengikutsertakan pasien-pasien yang mempunyai penyakit jantung, tidak mengikutsertakan pasien dengan diabetes dan darah tinggi," ujar dr Sunu dalam diskusi daring, Sabtu (9/01/2021).

Ia juga mengatakan jika kedepannya tidak ada efek samping dan manfaatnya jelas penggunaan vaksin COVID-19 akan tetap diperbolehkan. Namun ia menegaskan harus ada bukti terkait penggunaan vaksin pada penderita penyakit jantung.

"Tapi mungkin kedepan kalau penggunaannya itu semakin luas dan ternyata tidak ada efek samping ya, dan manfaatnya jelas akan tetap diperbolehkan," ujarnya.

"Tetapi berdasarkan bukti yang ada saat ini, (penyakit jantung) tidak dimasukan dalam populasi, tidak dimasukan dalam trialnya sehingga kita tidak boleh memberikan kalau tidak punya buktinya, masalahnya nanti manfaatnya nggak jelas dan keamanannya juga kita nggak tau," tambahnya.

Sebelumnya, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) memberikan rekomendasi daftar pemberian vaksinasi COVID-19 produksi Sinovac terhadap orang dengan komorbid atau penyakit penyerta. Dalam daftar rekomendasi tersebut menyebutkan pengidap penyakit jantung tidak disarankan menerima vaksin COVID-19.



Simak Video "Polemik Vaksinasi yang Dibayang-bayangi Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)