Senin, 11 Jan 2021 13:03 WIB

Menkes Optimistis Vaksinasi COVID-19 Dimulai Hari Rabu

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memastikan vaksinasi COVID-19 akan dimulai pada Rabu (13/1/2021). Ia juga menyampaikan Presiden Joko Widodo akan jadi orang pertama yang menerima dosis vaksin COVID-19.

"Insya Allah Bapak/Ibu, kita akan mulai (vaksinasi-red) di hari Rabu dan akan dimulai dengan Bapak Presiden," katanya dalam konferensi pers daring, Senin (11/1/2021).

Menkes juga menyinggung soal kabar baik dari MUI bahwa vaksin COVID-19 Sinovac telah teruji kehalalannya. Hanya saja pemerintah masih menunggu kabar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk izin persetujuan penggunaan darurat.

"Pemerintah tidak akan mendahului persetujuan dari BPOM karena BPOM adalah badan independen yang secara saintifik berhak untuk menentukan apakah vaksin ini layak atau tidak," jelasnya.

"Jadi kita sama sekali tidak akan melaksanakan vaksinasi sebelum memang approval dari BPOM keluar," ungkapnya.

Sebelumnya Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers belum lama ini mengatakan optimis bisa mengeluarkan EUA sebelum pelaksanaan vaksinasi. Saat ini rolling submission telah dilakukan dan data terkait vaksin telah didapatkan.

Menkes juga menyampaikan banyak masyarakat yang bertanya mengenai KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi. Ia menyebut pihaknya akan segera memberikan penjelasan apabila keputusannya sudah resmi.



Simak Video "Rencana Vaksinasi Covid-19 di 2022: Bisa Pilih Booster Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)