Senin, 11 Jan 2021 14:49 WIB

Menkes: Vaksin dari GAVI-COVAX untuk Kelompok Usia di Atas 60 Tahun

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan kerjasama multilateral dengan GAVI-COVAX kemungkinan bisa menghasilkan keputusan yang baik. Menkes Budi berharap 54 hingga 108 juta dosis vaksin Corona gratis bisa didapatkan.

"Ada berita baik juga yang disampaikan ibu Menlu, kerjasama multilateral kita dengan GAVI juga kelihatannya akan menghasilkan keputusan yang baik. Diharapkan minimal 54 juta dosis maksimal bisa jadi 108 juta dosis vaksin gratis bisa kita dapatkan dari GAVI," ungkapnya dalam konferensi pers daring di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (11/1/2021).

Selain itu, Menkes Budi juga mengungkapkan vaksin-vaksin tersebut kemungkinan bisa datang lebih cepat, diperkirakan di akhir Februari atau di awal Maret 2021. Bahkan, vaksin-vaksin dari GAVI tersebut bisa diberikan pada kelompok usia di atas 60 tahun.

"Berita baiknya, mungkin itu bisa datang lebih cepat, antara di akhir Februari atau di awal Maret. Dan vaksin yang datang dari GAVI pilihannya adalah Pfizer, AstraZeneca, dan Moderna yg sudah dapat persetujuan dari negara asalnya, dan ada satu lagi Novavax," jelas Menkes Budi.

"Kami sekarang lagi berdiskusi dengan pak Menko, jenis apa yang kita mau ambil. Karena vaksin-vaksin ini bisa diberikan di atas usia 60 tahun," lanjutnya.



Simak Video "Menkes: Ditemukan 2 Kasus Mutasi Corona India di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)