Senin, 11 Jan 2021 18:15 WIB

Cek Penerima Vaksin COVID-19 di Pedulilindungi.id, Kamu Dapat?

Puti Yasmin - detikHealth
Apakah Dosis Kedua Vaksin Corona Bisa Diberikan Lebih Lambat? Foto: DW (News)/Cek Penerima Vaksin COVID-19 di Pedulilindungi.id, Kamu Dapat?
Jakarta -

Pemerintah akan mulai melakukan vaksinasi COVID-19 pada 13 Januari 2021 mendatang. Masyarakat yang terdaftar bisa cek penerima vaksin di pedulilindungi.id.

Masyarakat yang terdaftar merupakan kloter pertama dari program vaksin COVID-19. Mereka akan mendapatkan vaksinasi hingga April 2021 mendatang

Cek Penerima Vaksin COVID-19:

1. Buka situs di alamat pedulilindungi.id/cek-nik

2. Masukkan data berupa nomor NIK pada kolom yang tersedia

3. Masukkan kode yang tertera di layar

4. Klik selanjutnya

5. Layar akan menunjukkan hasil cek penerima vaksin apakah terdaftar atau tidak

Jika hasil cek penerima vaksin COVID-19 tidak termasuk maka layar akan menunjukkan tulisan "Mohon maaf, Anda dengan NIK ** Saat ini BELUM termasuk calon penerima vaksinasi COVID-19 GRATIS pada periode ini."

Sementara itu, bila merupakan tenaga kesehatan atau penunjang di fasilitas kesehatan dan tidak terdaftar bisa melakukan pengajuan melalui email. Adapun, siapkan data berupa Nama, NIK, Alamat, No HP, Tipe Nakes dan dilengkapi dengan Surat Keterangan dari kepala FASYANKES yang menerangkan kamu adalah Nakes dari FASYANKES terkait dan kirim ke alamat email vaksin@pedulilindungi.id.

  • Apakah Vaksin COVID-19 akan Tersedia Secara Gratis?

Pemerintah memastikan bahwa seluruh masyarakat Indonesia akan mendapatkan vaksin COVID-19 secara gratis. Hal itu disampaikan oleh presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (16/12/2020).

"Setelah menerima banyak masukan masyarakat dan melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis," terang Jokowi lewat YouTube Sekretariat Kepresidenan, Rabu (16/12/2020).

  • Bagaimana Cara Vaksin COVID-19 Bekerja?

Masyarakat yang terdaftar dalam cek penerima vaksin COVID-19 kloter pertama akan mendapatkan vaksin Sinovac. Vaksin ini telah melalui tahap uji klinis demi memastikan keamanannya.

Adapun, cara kerja vaksin Sinovac ini adalah pertama disuntikkan ke dalam tubuh dan membuat Sel T dalam tubuh mendeteksi fragmen dan aktif hingga menghasilkan sel kekebalan lain untuk melawan virus corona.

Setelah itu, Sel B sebagai sel kekebalan lain menempel pada vaksin (virus corona yang dilemahkan) dan menarik atau seluruh hingga fragmennya muncul di permukaan.

Sel T pun membantu mencocokan fragmen sel B. Jika cocok, sel B akan berkembang biak menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh. Setelah itu, antibodi akan menghentikan infeksi virus dalam tubuh dan mencegahnya masuk ke dalam sel tubuh.

Nah, detikers sudah cek penerima vaksin COVID-19 belum?



Simak Video "Pecah Rekor! Kasus Corona di RI Tembus 10.617"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)