Selasa, 12 Jan 2021 11:30 WIB

Waspada, Ini Ciri-ciri Corona Hari Pertama hingga Hari ke-27

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Blonde woman in isolation at home for virus outbreak Gejala COVID-19 yang bisa dialami pasien pada hari pertama. (Foto ilustrasi: Getty Images/ArtistGNDphotography)
Jakarta -

Infeksi COVID-19 bisa menyebabkan gejala yang berbeda-beda pada setiap orang. Namun, bagaimana ciri-ciri Corona hari pertama?

Terlebih gejala COVID-19 memiliki banyak kemiripan dengan sejumlah penyakit lain. Misalnya, demam tinggi yang merupakan salah satu gejala dari infeksi virus Corona juga bisa terjadi saat kita sedang terkena tipes.

Hal ini yang terkadang membuat sebagian orang menjadi bingung apakah dirinya sedang terkena COVID-19 atau tidak saat ia mengalami gejala.

Untuk menentukannya, staf medis di sebuah rumah sakit di China akhirnya menyusun buku tentang infeksi COVID-19. Di dalamnya juga dijelaskan apa saja hal yang bisa mempengaruhi kondisi pasien Corona, dengan harapan agar bisa memperjelas bagaimana virus itu berkembang.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada ribuan pasien Corona di China, ada pola gejala COVID-19 yang dialami pasien dari hari pertama hingga hari kedua puluh tujuh. Berikut gejala COVID-19 dari hari ke hari, dikutip dari Express UK.

Hari ke-1

Pada hari pertama, pasien Corona umumnya akan mengalami gejala ringan berupa demam dan batuk. Namun, sebagian kecil pasien juga ada yang mengalami diare atau mual pada hari pertama dan kedua.

Hari ke-3

Hari ketiga menjadi waktu rata-rata pasien Corona di Wenzhou, China, dirawat di rumah sakit setelah muncul gejala. Menurut penelitian yang dilakukan pada 550 rumah sakit di China, pasien Corona yang dirawat di rumah sakit mengalami pneumonia pada hari ketiga.

Hari ke-5

Pada hari kelima, pasien Corona dengan gejala parah bisa mengalami gejala yang lebih buruk. Pasien mungkin mengalami kesulitan bernapas, terutama pada orang lanjut usia (lansia) atau memiliki penyakit penyerta.

Hari ke-7

Hari ketujuh menjadi waktu rata-rata pasien Corona di Wuhan, China, mengalami gejala awal. Gejala yang muncul umumnya adalah sesak napas.

Hari ke-9

Sejumlah pasien Corona di Wuhan mengalami sepsis atau kompilasi infeksi penyakit pada hari kesembilan.

Selain demam dan batuk menjadi ciri-ciri Corona hari pertama dan pada hari kesembilan berisiko mengalami sepsis, berikut gejala COVID-19 dari hari ke-10 hingga ke-27. Baca di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Reaksi Kulit yang Bisa Terjadi Pada Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]