Jumat, 08 Jan 2021 06:20 WIB

Ahli Gizi Beberkan Makanan-Minuman yang Sebaiknya Dihindari Pasien Corona

Zintan Prihatini - detikHealth
Petugas medis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) memeriksa kondisi pasien COVID-19 yang berstatus OTG (Orang Tanpa Gejala) saat kegiatan berjemur dan olahraga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin  (21/12/2020). Kegiatan pemeriksaan kesehatan, berjemur dan berolahraga tersebut rutin dilakukan setiap pagi hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien yang menjalani isolasi. Ilustrasi virus Corona COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Selama masa penyembuhan, pasien COVID-19 harus tetap menjaga asupan makanan yang sehat agar sistem imun tetap terjaga. Selain itu, pasien yang terinfeksi virus Corona juga harus menghindari makanan tertentu yang dapat memperlambat proses pemulihannya.

The Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan saat seseorang terkena COVID-19, pasien harus mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin C, vitamin D, mineral, dan zinc. Hal serupa disampaikan oleh pakar gizi komunitas dr Tan Shot Yen.

"Prinsipnya, baik pasien maupun bukan pasien, jika mau tetep sehat, asuplah (gizi) apa yg badannya butuh. Bukan cuma karena lidahnya lagi 'nagih'. Kita tetap butuh trio makro nutrien, karbohidrat, protein, lemak yang sehat," jelas dr Tan saat dihubungi detikcom pada Kamis, (07/01/2021).

Apa saja makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari pasien COVID-19?

Berikut daftar makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari pasien COVID-19 menurut dr Tan.

1. Makanan ultra proses

Makanan ultra proses atau makanan yang banyak mengandung gula, garam, perisa, dan penguat rasa sebaiknya dihindari pasien COVID-19. Dikutip dari NCBI, beberapa makanan tersebut meliputi, roti, sereal, mi instan, makanan kemasan seperti cokelat, biskuit, permen, yoghurt, dan selai berbagai rasa.

"Secara tidak langsung, produk beginian (ultra proses) justru mencetuskan komorbid yang akan memperparah penyembuhan," lanjutnya.

2. Makanan cepat saji

dr Tan menambahkan makanan cepat saji juga sebaiknya dihindari karena pengolahannya yang menggunakan minyak, dan mengandung gula serta garam yang tinggi.

3. Minuman berkafein

Minuman berkafein tak hanya ada di dalam kopi, beberapa minuman lainnya meliputi teh hijau, teh hitam, hingga matcha. dr Tan mengatakan kafein dapat membuat pasien COVID-19 tidak istirahat dengan cukup.

"Hindari kafein. Gimana mau istirahat dan tidur cukup, kalo tubuhnya distimulasi terus," ujarnya.

Lalu makanan-minuman apa yang sebaiknya dikonsumsi pasien COVID-19? Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pfizer Uji Klinis Vaksin COVID-19 untuk Anak Usia 5-11 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]