Selasa, 12 Jan 2021 11:30 WIB

Waspada, Ini Ciri-ciri Corona Hari Pertama hingga Hari ke-27

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Blonde woman in isolation at home for virus outbreak Gejala COVID-19 yang bisa dialami pasien pada hari pertama. (Foto ilustrasi: Getty Images/ArtistGNDphotography)

Hari ke-10 sampai ke-11

Pada hari kesepuluh dan sebelas, gejala pasien bisa semakin memburuk dan kemungkinan besar akan dirawat di ruang ICU.

Pasien yang sampai dirawat di ICU tersebut mungkin bisa mengalami sakit perut yang parah dan kehilangan nafsu makan, dibandingkan dengan pasien yang bergejala ringan.

Hari ke-12

Sejumlah pasien Corona mungkin akan sembuh dari demamnya pada hari ke-12.

Hari ke-16

Menurut sebuah penelitian, gejala batuk pada sebagian pasien Corona mungkin akan berkurang bahkan sembuh pada hari ke-16.

Hari ke-17 sampai ke-21

Ini menjadi waktu rata-rata pasien Corona di Wuhan sembuh dari COVID-19 dan dipulangkan dari rumah sakit. Namun, ada juga pasien yang tidak tertolong dan meninggal setelah dirawat di rumah sakit selama 2,5 sampai 3 minggu.

Hari ke-19

Sebuah penelitian juga menunjukkan, gejala sesak napas yang dialami pasien Corona kemungkinan akan pulih pada hari ke-19.

Hari ke-27

Rata-rata pasien Corona di Wuhan yang dirawat di rumah sakit hingga 27 hari tak semuanya bisa pulang, beberapa pasien bisa dirawat lebih lama. Meski diperbolehkan pulang dari rumah sakit, namun bukan berarti gejala yang dialami sudah hilang sepenuhnya.

Beberapa pasien Corona melaporkan gejala COVID-19 selama berbulan-bulan. Gejala yang dialami, yaitu nyeri dada, sesak napas, mual, jantung berdebar-debar, hingga hilangnya kemampuan indra penciuman dan perasa.

Apabila mengalami ciri-ciri Corona hari pertama di atas, maka sebaiknya segera lakukan tes COVID-19 untuk memastikan apakah kamu sedang terinfeksi atau tidak.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Riset Eijkman Ungkap 3 Gejala Umum COVID-19 yang Ditemukan Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]

(ryh/kna)