Selasa, 12 Jan 2021 12:32 WIB

Menkes: Lansia Divaksin COVID-19 Maret-April, Umum Akhir April

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Wamenkes Dante Saksono Harbuwono memimpin rapat koordinasi pimpinan di Kemenkes RI. Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Sehat Negeriku)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memaparkan tahapan vaksinasi COVID-19. Ia memastikan vaksinasi pertama akan dilaksanakan Rabu, 13 Januari mendatang.

Kelompok selanjutnya adalah tenaga kesehatan yang berada di rentang usia 18-59 tahun. Vaksinasi periode pertama menggunakan vaksin COVID-19 Sinovac yang sudah mendapat izin penggunaan darurat atau emergency use authorization.

"Tahapan pertama diberikan 1,48 juta nakes di Indonesia, diharapkan bisa mulai besok atau minggu ini. Kemudian rolling mudah-mudahan akhir Februari bisa selesai," kata Menkes dalam rapat dengan Komisi IX DPR secara daring, Selasa (12/1/2021).

Kelompok selanjutnya adalah petugas publik, termasuk di dalamnya TNI/Polri, petugas pelabuhan, stasiun, bandara, terminal dan pekerja lain yang sehari-hari bersinggungan dengan masyarakat.

"Agak berbeda dengan negara lain karena ada yang sebagian besar menaruh lansia dulu karena lansia ini adalah orang-orang yang critical," kata Menkes

Menkes menyebut kelompok lansia akan disuntik vaksin yang sudah uji klinis pada mereka di atas 60 tahun. Lansia bakal disuntik sekitar Maret-April dengan vaksin Pfizer atau AstraZeneca, lalu dilanjutkan dengan masyarakat umum.

"Kita akan mulai dengan petugas publik dan lansia itu sekitar Maret-April. Kalau selesai diharapkan akhir April atau awal Mei kita bisa melakuan untuk seluruh masyarakat," pungkasnya.



Simak Video "Vaksinasi COVID-19 Saat Berpuasa, Perlukah Persiapan Khusus?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)