Rabu, 13 Jan 2021 07:00 WIB

Siap-Siap! Jokowi Bakal Disuntik Vaksin Corona Sinovac Hari Ini di Istana

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Presiden Jokowi menyampaikan harapannya untuk tahun 2021. Presiden Jokowi disuntik vaksin Corona hari ini. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Vaksinasi virus Corona pertama digelar hari ini, Rabu (13/1/2021). Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan jadi orang pertama di Indonesia yang akan diberi suntikan vaksin Corona Sinovac.

Jokowi akan menerima dosis pertama vaksin di Istana Kepresidenan, Jakarta. Jika tidak ada halangan, maka vaksinasi akan digelar pada pukul 09.00 dan disiarkan secara live streaming melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan tak ada persiapan khusus yang dilakukan oleh kepala negara untuk menerima vaksin. Ia hanya disarankan tidur cukup dan sarapan terlebih dahulu.

Jokowi akan menerima vaksin dari dokter kepresidenan. Dikabarkan sebelumnya, ia akan disuntik vaksin Corona Sinovac.

"Iya Sinovac," kata Heru.

Jokowi mengatakan bersedia disuntik vaksin Corona pertama untuk menunjukkan bahwa vaksin yang digunakan aman. Sebab, vaksin itu telah melalui uji klinis tidak hanya sekali.

Seperti yang diberitakan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin CoronaVac, Sinovac, pada Senin (11/1/2021) lalu. Efikasi vaksin tersebut 65,3 persen, lebih tinggi daripada ambang batas WHO.



Simak Video "Laporan Efek Samping Vaksin Sinovac Berdasarkan Uji Klinis di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)