Rabu, 13 Jan 2021 09:40 WIB

Vaksinasi COVID-19 Indonesia Dimulai Hari Ini, Menkes Juga Disuntik

Firdaus Anwar - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pemerintah Republik Indonesia secara resmi memulai program vaksinasi COVID-19 pada hari Rabu (13/1/2021). Vaksin COVID-19 yang digunakan diproduksi oleh Sinovac dan sudah mendapat izin penggunaan darurat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan keberhasilan program vaksinasi ini akan sangat bergantung pada partisipasi dan dukungan seluruh masyarakat. Ini karena vaksin memerlukan cakupan tertentu sebelum bisa menghasilkan efek perlindungan lewat herd immunity.

"Kepada teman-teman saya rakyat indonesia, bahwa vaksin ini adalah alat yang bisa dipakai untuk melindungi diri. Tetapi yang lebih penting vaksin ini juga digunakan untuk melindungi keluarga kita, melindungi tetangga-tetangga kita, melindungi rakyat indonesia, dan melindungi peradaban umat manusia di seluruh dunia," kata Menkes Budi saat memberi sambutan pelaksanaan vaksinasi yang disiarkan Sekretariat Presiden, Rabu (13/1/2021).

"Jadi seluruh, 70 persen dari umat manusia di dunia harus bisa divaksinasi agar tujuan itu tercapai. Partisipasi dari teman-teman rakyat Indonesia akan sangat menentukan keberhasilan program ini," lanjutnya.

Rencananya vaksin akan diberikan pertama kali untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) diikuti pejabat tinggi lainnya, termasuk Menkes Budi. Proses penyuntikan bisa disaksikan untuk memberi bukti kepercayaan pemerintah terhadap khasiat dan keamanan vaksin.



Simak Video "Indonesia Kantongi Lebih dari 141 Juta Dosis Vaksin COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)