Kamis, 14 Jan 2021 07:58 WIB

Semakin Meluas, Varian Baru Corona Inggris B117 Terdeteksi di Filipina

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Presiden Filipina Rodrigo Duterte umumkan kebijakan lockdown di Manila. Terminal bus di kawasan itu pun ramai oleh warga jelang kawasan itu dikunci imbas corona Foto: AP Photo/Aaron Favila
Jakarta -

Pemerintah Filipina mengkonfirmasi adanya kasus pertama varian baru Corona B117 dari Inggris pada Rabu (13/1/2021). Kasus tersebut teridentifikasi pada pengusaha dari negara tersebut yang bepergian ke Uni Emirat Arab pada 27 Desember 2020 lalu, dan kembali ke Filipina pada 7 Januari 2021.

Dikutip dari AFP, saat kembali itulah ia dinyatakan positif terinfeksi varian baru Corona yang disebut lebih menular dibandingkan strain sebelumnya. Saat ini, pengusaha tersebut tengah menjalani proses karantina.

Untuk mencegah penyebaran virus semakin meluas, pihak berwenang setempat langsung melakukan pelacakan kontak orang-orang yang sempat bertemu dengannya. Ini termasuk pada penumpang pesawat Emirates EK 332 yang ditumpanginya.

Saat pelacakan, ditemukan satu rekan pasien yang sempat melakukan kontak erat. Tetapi, saat dites ia dinyatakan negatif dan tetap dipantau ketat oleh pihak berwenang setempat.

Dalam mencegah masuknya varian baru Corona dari Inggris juga, Presiden Filipina Rodrigo Duterte sudah menutup perbatasan wilayah negaranya dari warga asing dari 30 negara. Tak hanya itu, ia juga mewajibkan warga negara Filipina untuk melakukan karantina selama 14 hari setelah melakukan perjalan dari negara lain.



Simak Video "Varian Baru Corona Muncul, Warga Diharapkan Tetap Terapkan 3M"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)