Jumat, 15 Jan 2021 12:31 WIB

Diserang Gelombang Kedua, Kasus Corona China Tertinggi dari 10 Bulan Sebelumnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Stasiun kereta bawah tanah di Beijing ramai penumpang saat jam sibuk. Diketahui, Pemerintah China melakukan sejumlah upaya guna cegah varian baru virus Corona. Foto: AP Photo/Andy Wong
Jakarta -

Kasus Corona China mencatat penambahan harian tertinggi dalam lebih dari 10 bulan. Data resmi menunjukkan pada Jumat (15/1/2021) wabah Corona yang kembali melonjak membuat lebih dari 28 juta orang diisolasi.

Dikutip dari Channel News Asia, ada 144 kasus COVID-19 yang dilaporkan pada 14 Januari. Komisi Kesehatan Nasional China menyebut kasus Corona naik dari 138 kasus pada hari sebelumnya.

"Menandai peningkatan harian tertinggi sejak 202 kasus yang dilaporkan pada 1 Maret," kata Komisi Kesehatan Nasional setempat.

Di antara kasus yang dilaporkan, 135 kasus baru merupakan infeksi COVID-19 lokal. Ada 90 di antaranya yang terjadi di provinsi Hebei, wilayah yang paling terdampak gelombang kedua COVID-19.

Sementara 43 kasus lainnya dilaporkan di provinsi Heilongjiang timur laut, dengan provinsi Guangxi dan Shaanxi. Masing-masing melaporkan satu kasus positif COVID-19.

Pihak berwenang mendorong masyarakat untuk menahan diri dari perjalanan yang tidak penting selama liburan Tahun Baru Imlek bulan depan, ketika ratusan juta orang melakukan perjalanan saat istirahat untuk pulang atau bepergian.

Jumlah kasus asimtomatik baru, yang tidak diklasifikasikan oleh China sebagai kasus yang dikonfirmasi, turun menjadi 66 dari 78 di hari sebelumnya.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)