Jumat, 15 Jan 2021 15:09 WIB

8 Tanda Hamil yang Umum Dialami Wanita

Zintan Prihatini - detikHealth
close-up of smiling woman holding pregnancy test Ilustrasi hamil. (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagi pasutri, kehamilan merupakan salah satu momen yang ditunggu setelah pernikahan. Memiliki bayi adalah salah satu anugerah yang sangat berharga.

Tetapi biasanya para wanita kurang menyadari ciri-ciri hamil saat awal masa kehamilan. Tanda kehamilan yang paling umum adalah mual, namun ada ciri lainnya yang ikut dirasakan wanita hamil.

Dikutip dari Healthline, berikut delapan ciri-ciri hamil yang dialami wanita.

1. Adanya bercak dan kram

Salah satu ciri-ciri hamil pada wanita adalah munculnya bercak dan kram. Hal ini terjadi sekitar 10-14 hari atau minggu keempat setelah pembuahan, blastokista akan ditanamkan di endometrium, lapisan rahim.

Itu yang menyebabkan pendarahan implantasi, yang acap kali disalahartikan sebagai menstruasi. Tanda pendarahan implantasi di antaranya muncul bercak darah berwarna merah muda, merah, maupun cokelat.

Pendarahan tersebut terjadi kurang dari tiga hari, yang diikuti rasa nyeri ringan sampai berat.

2. Meningkatnya suhu tubuh

Pada awal kehamilan, wanita akan mengalami peningkatan suhu tubuh di pagi hari. Suhu inti tubuh juga lebih mudah meningkat selama berolahraga atau ketika cuaca panas. Jika mengalami peningkatan suhu, pastikan untuk meminum lebih banyak air.

3. Mudah lelah

Munculnya kelelahan umumnya dapat terjadi kapan pun selama masa kehamilan, salah satunya di awal kehamilan. Hal ini terjadi saat kadar progesteron meningkat sehingga membuat tubuh cepat lelah dan merasa mengantuk.

Pada awal kehamilan, disarankan bagi wanita untuk beristirahat dengan cukup. Peningkatan detak jantung selama awal kehamilan pun dapat terjadi sehingga menyebabkan rasa lelah.

4. Perubahan payudara

Perubahan pada payudara menjadi ciri-ciri hamil lainnya yang terlihat pada minggu keempat dan keenam. Hal tersebut mungkin terjadi karena meningkatnya hormon yang memungkinkan payudara menjadi mengembang dan bengkak.

Puting payudara pun akan berubah warna menjadi kegelapan. Saat mengalami nyeri di payudara selama hamil, gunakan bra yang nyaman, bantalannya pas, dan tanpa kawat.

Apa saja ciri-ciri hamil lainnya dirasakan wanita?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI



Simak Video "Apakah Janin Ikut Tertular Jika Ibu Hamil Positif Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)