Jumat, 15 Jan 2021 17:34 WIB

Tetap Pakai Masker! Jangan Terlena Vaksin Corona, Masih Ada TBC

Angling Adhitya Purbaya - detikHealth
Petugas medis memberikan vaksin Sinovac kepada Tenaga Kesehatan Puskesamas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (14/1). Pada hari pertama pemberian vaksin Sinovac, terdapat 11 orang tenaga kesehatan yang disuntik vaksin di Puskesma Kecamatan Cilincing. Ilustrasi vaksin Corona (Foto: Pradita Utama)
Topik Hangat Siap Divaksin!
Semarang -

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Tengah mengingatkan masyarakat tidak melepas protokol kesehatan meski sudah menerima vaksin COVID-19. Karena ancaman bukan hanya COVID-19 tetapi juga ada penyakit lainnya.

Ketua Tim Mitigasi IDI Wilayah Jawa Tengah Heru Muryawan mengatakan dengan tegas vaksin tidak menggantikan masker, namun meningkatkan daya tahan tubuh. Jika nantinya 70 persen masyarakat Indonesia sudah divaksin, artinya sudah meningkatkan daya kehidupan masyarakat atau herd immunity.

"Vaksinasi tidak menggantikan masker! Meningkatkan daya tahan tubuh. Nantinya jika 70 persen sudah divaksin, itu meningkatkan daya kehidupan masyarakat," kata Heru di kantor IDI Jateng, Jumat (15/1/2021).

"Apakah setelah 70 persen kemudian buka masker? Tidak, kita lihat dulu," ujarnya.

Pertanyaan soal manfaat pasca divaksin banyak muncul setelah artis Raffi Ahmad berpesta tanpa protokol kesehatan pasca vaksin penyuntikan pertama. Heru pun menjelaskan vaksin kali ini sama dengan imunisasi pada anak.

"Ini mengurangi resiko terpapar," tegasnya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jawa Tengah Djoko Handojo menjelaskan terkait protokol kesehatan pasca vaksin harus dilakukan karena ada ancaman penyakit lain yang sebenarnya juga berbahaya dan memakan banyak korban salah satunya yaitu TBC.

"Kita harus tahu hidup tidak hanya dengan COVID. TBC masih banyak, padahal TBC berterbangan di udara. Karena TBC penyebaran lambat, meski pasien banyak, seolah bukan apa-apa. Sedangkan COVID ini singkat dan cepat menjalarnya," jelas Djoko.

"Walau pandemi berakhir, tetap pakai masker," imbuhnya.



Simak Video "Vaksin COVID-19 di Indonesia Disebut Masih Efektif Lawan B117"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/up)
Topik Hangat Siap Divaksin!