Jumat, 15 Jan 2021 20:35 WIB

Perlu Tahu, Ini Sederet Gejala COVID-19 yang Tak Biasa pada Bayi

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
bayi di dalam inkubator Ilustrasi bayi (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Virus Corona COVID-19 bisa menginfeksi siapa saja, termasuk bayi. Namun, tak semua orang tua sudah memahami apa saja tanda COVID-19 yang bisa dirasakan oleh sang buah hati.

Apalagi bayi masih belum bisa berbicara, sehingga akan lebih sulit untuk memahami apa yang mereka rasakan saat sakit. Lantas bagaimana caranya agar bisa mengetahui sang buah hati sedang terkena COVID-19 atau tidak?

Selain mengalami demam tinggi yang disertai gejala COVID-19, seperti batuk dan sesak napas. Berikut sederet tanda-tanda infeksi virus Corona yang tidak biasa pada bayi, dikutip dari Times of India.

1. Bibir atau kulit membengkak

Ahli kesehatan mengingatkan bahwa beberapa tanda, seperti pembengkakan, bibir kebiru-biruan, bercak merah, ruam kulit di sekitar tangan atau kaki bisa jadi sebagai gejala COVID-19.

Pembengkakan dalam bentuk apa pun biasanya merupakan tanda adanya peradangan, yang dapat terjadi tanpa disertai dengan gejala khas COVID-19 lainnya, seperti batuk dan demam.

2. Nyeri otot

Sebagian besar pasien COVID-19 mengeluhkan nyeri otot saat terinfeksi virus Corona. Menurut para ilmuwan, gejala ini juga bisa terjadi pada anak-anak.

Meski sang buah hati belum bisa mengungkapkan sakit yang dirasakan. Namun, ada beberapa tanda yang perlu diperhatikan jika mereka sedang sakit.

Misalnya, nyeri otot pada bayi biasanya menyebabkan mereka mengalami masalah tidur, mudah tersinggung, murung, sulit makan, dan sering menangis.

3. Kulit bintik-bintik merah

Munculnya bintik-bintik merah dicurigai sebagai salah satu gejala COVID-19 pada anak-anak. Kondisi ini muncul karena adanya perubahan aliran darah yang rendah di dalam tubuh.

Meski begitu, kulit bintik-bintik merah juga bisa disebabkan oleh cuaca dingin atau mengalami kedinginan yang ekstrim.

4. Mual

Muntah dan mual merupakan gejala COVID-19 yang parah. Ini juga bisa terjadi pada bayi yang tertular virus.

Apabila sang buah hati mengalami muntah dan mual, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Terlebih jika disertai dengan gejala COVID-19 lainnya, seperti demam tinggi dan sesak napas.



Simak Video "Informasi Terkini Seputar Gejala Covid-19 yang Ditimbulkan Varian Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)