Sabtu, 16 Jan 2021 05:00 WIB

Keluarga Jokowi Disebut Tak Masuk Prioritas Vaksin COVID-19

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Presiden Jokowi disuntik vaksin Corona (COVID-19) Momen Jokowi disuntik vaksin COVID-19 (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Penyuntikan vaksin COVID-19 tahap pertama diprioritaskan bagi tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebut, keluarga presiden bahkan tidak masuk prioritas.

Keluarga presiden, menurut Heru, baru akan mendapat vaksin COVID-19 sekitar bulan Mei atau Juni sesuai urutan prioritas. Khusus Gibran, putra sulung yang terpilih sebagai Wali Kota Surakarta, akan menjadi domain Pemerintah Solo.

"Keluarga [Jokowi] dengan kebutuhan jadwal yang sudah ditetapkan sebagai masyarakat," kata Heru kepada CNNIndonesia.com, Jumat (15/1/2021).

Prioritas vaksinasi kemungkinan diberikan pada orang-orang yang sehari-hari mendampingi Jokowi di Istana. Termasuk, paramedis istana, Mensesneg Pratikno, dan Komandan Paspampres Brigjen TNI Agus Subiyanto.

"Sesuai dengan aturan yang ada tentunya yang diutamakan adalah yang paling dekat dengan komunikasinya dengan bapak presiden yang sehari-hari," jelas Heru.

Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang mendapat vaksinasi COVID-19 di Indonesia, Rabu (13/1/2021). Ia divaksin di Istana Negara bersama sejumlah menteri, pejabat, perwakilan profesi kesehatan, dan juga influencer termasuk Raffi Ahmad.



Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)