Minggu, 17 Jan 2021 16:00 WIB

Diidap Farida Pasha Sebelum Meninggal, Ini Hubungan Pneumonia dan COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
Farida Pasha Farida Pasha meninggal dunia usai terdiagnosis positif COVID-19. (Foto: Dok. Instagram)
Jakarta -

Artis senior pemeran Mak Lampir, Farida Pasha, meninggal dunia usai terinfeksi COVID-19. Keluarga mengabarkan Farida Pasha awalnya mengeluh masalah vertigo dan asam lambung, namun setelah diperiksa di rumah sakit ternyata mengalami pneumonia.

"Setelah dilakukan berbagai tes dan rontgen mama terkena early pneumonia, juga hasil swabnya positif," kata Putri Farida Pasha, Gina Sonia, seperti dikutip dari detikHot, Minggu (17/1/2021).

Apa hubungannya pneumonia dengan COVID-19?

Pneumonia dijelaskan oleh dr Diah Handayani, SpP(K), dari RS Pondok Indah sebagai peradangan pada paru-paru yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, fungi, atau virus. Kantung udara paru-paru orang yang mengalami pneumonia bisa dipenuhi oleh cairan yang membuat seseorang sulit bernapas.

"Di dalam paru-paru yang pneumoni itu karena banyaknya kuman, toksin-toksin dari kuman, kemudian juga sel-sel radang, akibatnya paru-parunya menumpuk dan ini menganggu proses pertukaran udara," ucap dr Diah pada detikcom beberapa waktu lalu.

Gejala dari pneumonia mulai dari nyeri dada, batuk, letih, demam, mual, hingga sesak napas.

Nah virus SARS-COV-2 penyebab COVID-19 diketahui bisa jadi pemicu pneumonia. Terungkapnya COVID-19 bahkan bermula dari kemunculan kasus-kasus pneumonia di Wuhan, China, yang membingungkan peneliti karena penyebabnya misterius.



Simak Video "Vaksinasi COVID-19 Saat Berpuasa, Perlukah Persiapan Khusus?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)