Senin, 18 Jan 2021 12:03 WIB

CDC Prediksi Varian Corona Baru B117 Akan Mendominasi pada Maret 2021

Firdaus Anwar - detikHealth
Rahman Roslan/Getty Images Varian baru virus Corona B117 diprediksi akan mendominasi di tahun 2021. (Foto ilustrasi: Rahman Roslan/Getty Images)
Jakarta -

Varian Corona baru B117 yang pertama terdeteksi di Inggris menyebar luas. Sebagian negara sudah melaporkan kemunculan varian ini, termasuk di antaranya Malaysia dan Singapura.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memprediksi B117 akan jadi varian yang dominan, setidaknya di Amerika Serikat (AS), pada Maret 2021. Ini karena varian tersebut bersifat lebih mudah menular sehingga kasusnya meningkat dengan pesat.

"Dalam model kami prevalensi B117 awalnya rendah. Tapi karena lebih mudah menular daripada varian yang ada sekarang, varian B117 ini menunjukkan pertumbuhan yang pesat di awal 2021 dan menjadi varian yang dominan di bulan Maret," tulis tim CDC seperti dikutip dari CNN, Senin (18/1/2021).

Ketua tim bidang molekuler CDC, Dr Gregory Armstrong, menjelaskan ini artinya perlu upaya yang lebih keras untuk mengendalikan penyebaran virus COVID-19. Kasus dapat ditekan bila masyarakat dapat semakin disiplin dan proses vaksinasi dengan cakupan yang luas berjalan lancar.

"Bukan berarti kita tidak bisa melakukan apa-apa," kata Gregory.

"Meski ada kemungkinan besar proporsi varian B117 menjadi semakin banyak, bila orang-orang bisa semakin disiplin terhadap protokol kesehatan maka angka kasusnya tidak harus meningkat," pungkasnya.



Simak Video "Tips Melindungi Diri dari Virus Corona B117"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)