Kamis, 21 Jan 2021 12:49 WIB

Sehari Menjabat, Biden Wajibkan Penggunaan Masker Bagi Warga AS

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Resmi Dilantik, Joe Biden Serukan Persatuan dan Akhiri Perang Tidak Beradab Sehari menjabat, Biden wajibkan penggunaan masker. (Foto: DW (News)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, di hari pertamanya menjabat, langsung menandatangani perintah dalam hal penanganan pandemi COVID-19. Salah satunya soal kewajiban memakai masker.

Dikutip dari laman The Independent, perintah Biden yang pertama ia tanda tangani beberapa jam setelah menjabat adalah karyawan federal, karyawan kontrak, dan lainnya di gedung federal atau di tanah federal harus "memakai masker, menjaga jarak fisik, dan mematuhi tindakan kesehatan masyarakat lain, sebagaimana dicantumkan dalam pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC)."

Perintah ini sangat jauh berbeda dengan apa yang dilakukan presiden sebelumnya, Donald Trump. Kewajiban penggunaan masker ini akan berlaku dalam lingkup gedung pemerintah federal dan perjalanan antar negara bagian.

"Hal ini membutuhkan, seperti yang saya katakan selama ini, di mana saya memiliki otoritas, mengamanatkan masker untuk dikenakan, menjaga jarak sosial di properti federal," terang Biden kepada wartawan di Oval Office, Rabu (20/1/2021).

Biden yang berusia 78 tahun itu juga mengatur ulang cara pendekatan kelembagaan Gedung Putih terhadap pandemi virus COVID-19, mengembalikan posisi 'Direktorat Keamanan Kesehatan Global dan Pertahanan Hayati'.

Selain itu Biden juga akan meminta AS secara resmi bergabung kembali dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sebelumnya Donald Trump menarik AS dari keanggotaan WHO setelah menuduh kepemimpinan organisasi global itu terlalu 'lembut' dengan China soal Corona.



Simak Video "Studi Inggris: Antibodi Bisa Bertahan 6 Bulan Pasca Terinfeksi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)