Jumat, 22 Jan 2021 12:04 WIB

Syarat Divaksin COVID-19, Ini Orang-orang yang Sebaiknya Tidak Disuntik

Firdaus Anwar - detikHealth
Proses vaksinasi COVID-19 digelar di Puskesmas Kebayoran Lama, Jakarta. Para tenaga kesehatan mendapat suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Program vaksinasi COVID-19 sudah dimulai di Indonesia dengan memproritaskan kelompok tertentu. Sebelum mendapat vaksin, seseorang akan dicek terlebih dahulu riwayat kesehatannya karena ada beberapa syarat divaksin COVID-19.

Beberapa kelompok tak boleh terima vaksin, karena ada kemungkinan kecil muncul efek samping dari penyuntikkan vaksin. Ahli penyakit dalam dr Tolhas Banjarnahor, SpPD-FINASIM, dari RS Primaya Hospital Tangerang menjelaskan reaksi efek samping dari vaksin COVID-19 bisa bermacam-macam mulai dari nyeri, demam, hingga reaksi alergi.

"Namun, jika seseorang mengalami penyakit komorbid atau kronis yang terkontrol, maka ia boleh dilakukan vaksinasi sesuai rekomendasi dokter," kata dr Tolhas dalam keterangan pers yang diterima detikcom pada Jumat (22/1/2021).

Apa saja syarat divaksin COVID-19? Berikut penjelasan dari dokter:

1. Tidak memiliki riwayat alergi terhadap vaksin atau komposisi yang ada di dalam vaksin.

2. Bebas dari riwayat penyakit pembekuan darah yang tidak terkontrol.

3. Tidak memiliki gangguan penyakit kronis, seperti penyakit jantung, ginjal, hati, hipertensi, diabetes melitus, dan tumor yang tidak terkontrol.

4. Tidak memiliki riwayat gangguan sistem imun atau menjalani terapi yang mengganggu sistem imun dalam empat minggu terakhir.

5. Tidak memiliki riwayat penyakit epilepsi atau gangguan penurunan fungsi saraf.

6. Sedang tidak hamil atau menyusui.

7. Belum pernah terinfeksi COVID-19.

Pada akhirnya setelah divaksinasi juga bukan berarti seseorang bebas dari protokol kesehatan. Vaksin butuh waktu untuk bekerja merangsang imun tubuh dan tidak bisa selalu efektif 100 persen.

"Karena vaksin tidak bisa mencegah 100 persen infeksi COVID-19, maka kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan 3M: mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak," pungkas dr Tolhas.



Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)