Senin, 25 Jan 2021 15:32 WIB

Fakta-fakta Narkoba Jenis Baru yang Menjerat Selebgram Syiva Angel

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi narkoba, sabu putau ganja Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta -

Polresta Denpasar, Bali, mengamankan seorang selebgram asal Jakarta bernama Syiva Angel bersama tiga rekannya karena penyalahgunaan narkoba. Mereka disebut menggunakan narkoba jenis baru yakni P-Fluoro Fori.

Adapun motif para tersangka menggunakan narkotika untuk bersenang-senang. Meski demikian tidak jelas betul jenis narkoba yang dimaksud.

1. Tidak tercantum di UU Narkotika

Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan dalam konferensi pers menyebut P-Fluoro Fori ada di urutan 183, tapi tidak ditemukan jenis tersebut di lampiran UU Narkotika.

Dalam Lampiran I UU No 32 tahun 2009 tentang Narkotika, pada daftar narkotika golongan I,II, dan III, tidak ditemukan jenis narkoba P-Fluoro Fori.

2. Langka

Hingga kini barang bukti berupa empat butir tablet dan tiga pecahan tablet P-Fluoro Fori seberat 1,90 gram masih dalam penyelidikan lebih lanjut.

Kapolresta Denpasar juga menyebut ntuk asal barangnya masih didalami, karena barang ini langka. Menurut keterangan tersangka, narkotika tersebut diperoleh dari seseorang bernama Bli.

3. Ancaman penjara maksimal 12 tahun

Selebgram Syifa Angel dan tiga rekannya dikenai Pasal 112 ayat (1) UU RI no. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Pasal tersebut berbunyi setiap orang yang memiliki Narkotika Golongan I bukan tanaman mendapat ancaman hukuman penjara minimal empat tahun dan maksimal 12 tahun, dan denda Rp 800 juta sampai Rp 8 miliar.



Simak Video "Kemenkes Sebut Ganja Masih Golongan Narkotika 1"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)