Selasa, 26 Jan 2021 07:20 WIB

10 Cara yang Bisa Dicoba Supaya Anak Gampang Makan

Kanya Anindita - detikHealth
Anak makan Tips agar anak mau makan (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak orang tua merasa khawatir dengan gizi pada makanan yang dikonsumsi anak-anak. Biasanya, anak-anak hanya mau makan makanan cepat saji dibandingkan sayur-sayuran.

Kebanyakan anak-anak mendapatkan variasi nutrisi berdasarkan apa yang mereka makan. Untuk itu, ibu perlu membuat perencanaan makananan serta nutrisi yang terkandung di dalamnya untuk mengatur pola makan anak.

Dikutip dari HaiBunda, berikut 10 cara supaya anak gampang makan:

1. Jangan dipaksa apabila tidak lapar

Ada masanya anak kurang nafsu makan. Maka dari itu, jangan dipaksa makan jika anak merasa tidak lapar. Menyuapkan makanan tertentu serta memaksa mereka untuk menghabiskan makanannya, membuat anak semakin tidak nafsu makan.

Selain itu, anak menjadi kurang sensitif terhadap isyarat rasa lapar dan kenyangnya sendiri. Lebih baik, sajikan makanan dalam porsi kecil dan biarkan anak meminta makanannya sendiri.

2. Buat jam makan ideal

Sajikan makanan dan snack pada waktu yang sama setiap hari. Jika anak memilih untuk tidak makan, waktu ngemil yang teratur akan membantu anak mengonsumsi makanan bergizi.

Bisa juga dengan memberikan susu atau jus, tetapi tawarkan air antara waktu makan dan camilan. Membiarkan anak kenyang dengan jus, susu, atau makanan ringan dapat menurunkan nafsu makannya.

"Jangan berikan snack di luar jam makan. Anak saya enggak mau makan cuma mau makan kuah sayur, tapi dia minum susu terus. Nah, itu artinya dia enggak mau makan kalau tetap diberi susu," ungkap dr.Yulianto Santoso Kurniawan, Sp.A atau yang kerap disapa dr. Anto dari Rumah sakit Mayapada Hospital.

"Buat jam makan ideal, sarapan, snack, makan siang, snack sore, makan malam. Di antara jam makan jangan berikan apapun kecuali air putih," kata dr Anto lagi.

3. Sabar dengan menu makanan baru

Anak kecil sering menyentuh atau mencium makanan, lalu memasukkan potongan-potongan kecil ke dalam mulut mereka dan mengeluarkannya kembali. Anak perlu berulang kali menyentuh makanan baru sebelum dia mengambil gigitan pertama.

Bicarakan kepada anak tentang warna, bentuk, aroma, dan tekstur makanan, bukan apakah rasanya enak atau tidak. Tujuannya agar anak semakin mengenal makanan dan menyukainya. Sajikan makanan baru bersama dengan makanan favorit mereka.

4. Jangan menyajikan makanan berbeda

Mempersiapkan makanan terpisah untuk anak setelah dia menolak makanan aslinya, membuat mereka pilih-pilih makanan. Usahakan anak tetap berada di meja selama waktu makan yang ditentukan, bahkan jika mereka tidak mau makan.

5. Buatlah momen makan menjadi menyenangkan

Potong makanan menjadi berbagai bentuk dengan pemotong kue. Tawarkan makanan yang sudah dibentuk dengan berbagai macam karakter kepada anak. Menyajikan berbagai makanan dengan warna-warna yang cerah juga dapat menarik perhatian anak agar mau makan.

6. Ajak anak untuk memilih makanan

Saat berbelanja makanan, jangan ragu untuk mengajak anak memilih sayuran, buah-buahan, dan makanan sehat lainnya. Jangan membeli makanan yang tidak ingin si anak makan.

7. Berikan contoh yang baik

Jika orangtua terbiasa mengonsumsi berbagai makanan sehat, kemungkinan besar anak akan mengikutinya. Tapi, jika orangtua makan makanan yang tidak sehat seperti junk food, maka jangan kaget kalau anak juga meminta makan junk food.

Orangtua juga harus memberikan contoh kepada anak untuk tidak memilih-milih makanan. Jangan tunjukkan kepada anak apabila tidak menyukai suatu makanan.

Cara apalagi supaya anak gampang makan?

KLIK DI SINI UNTUK HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Inggris Mulai Siapkan Program Vaksinasi untuk Anak-anak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)