Rabu, 27 Jan 2021 08:29 WIB

Jokowi Divaksin Corona Dosis Kedua Hari Ini, Berapa Lama Antibodi akan Terbentuk?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Presiden Jokowi disuntik vaksin Corona (COVID-19) Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjalani vaksinasi COVID-19 tahap kedua. Jokowi rencananya akan divaksinasi kembali beserta pejabat lainnya pagi ini di Istana Negara.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut vaksinasi rencananya dimulai pada pukul 08.30 WIB.

"(Vaksinasi tahap kedua) di Istana, 08.30 am," kata Wiku saat dimintai konfirmasi, Selasa (26/1/2021).

Apakah sudah dapat vaksin Corona dosis kedua langsung 'kebal' Corona?

Menurut Ketua ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) Prof Dr Sri Rezeki S Hadinegoro usai disuntik vaksin Corona dosis kedua, seseorang tak jadi kebal Corona 100 persen. Mereka yang divaksin masih bisa tertular COVID-19 tetapi tak mengalami gejala berat.

"Jadi kalaupun ia sudah diimunisasi kena COVID-19 InsyaAllah tidak berat kalau dia memang imun, karena kita tidak bisa tahu apakah virus yang kena itu ganas," kata Prof Sri beberapa waktu lalu.

Berapa lama antibodi terbentuk usai vaksin Corona kedua kalinya?

Menurut Prof Sri, memerlukan waktu untuk antibodi bisa terbentuk pasca dapat vaksin Corona dosis kedua. Setidaknya hingga 30 hari pasca divaksin Corona.

"Lalu, setelah disuntik dua kali, itu kita nggak langsung tinggi antibodinya, kita perlu waktu untuk meningkatkan antibodi, paling tidak setelah dua kali suntik itu 14 hari sampai 1 bulan baru dia maksimal antibodi," tambahnya.

Prof Sri menegaskan, seseorang yang sudah divaksin Corona tetap perlu menjalani protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Sebab, masih ada risiko dirinya terinfeksi dengan gejala COVID-19 ringan dan menularkan pada orang lain.

Antibodi pasca 3 bulan suntik masih di atas 90 persen

Namun, kabar baiknya, Ketua Tim Uji Klinis Fakultas Kedokteran Unpad Prof Kusnandi Rusmil sempat menjelaskan antibodi pasca 3 bulan suntik vaksin Corona masih bertahan di atas 90 persen.

"Imunogenisitas 14 hari pasca disuntik vaksin Corona 99,74 persen. Setelah 3 bulan pasca imunisasi 99,23 persen," jelasnya beberapa waktu lalu.

"Ini sangat bagus, kadar antibodinya cukup tinggi di 14 hari hingga tiga bulan itu berkurangnya hanya sedikit," lanjutnya.



Simak Video "Menkes Minta 41 Juta Dosis Vaksin di Daerah Segera Disuntikkan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)