Rabu, 27 Jan 2021 10:03 WIB

Menkes: Antibodi Terbentuk 2-3 Minggu Setelah Vaksin COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. (Foto: detikcom)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin juga ikut menerima vaksinasi COVID-19 kedua pada hari ini, Rabu (27/1/2021) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

Menkes Budi mengungkapkan bahwa vaksinasi untuk batch pertama sudah selesai dalam waktu yang singkat. Ia berharap proses vaksinasi yang dilakukan hari ini bisa memotivasi seluruh tenaga kesehatan Indonesia untuk segera melakukan vaksinasi COVID-19.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh, memotivasi seluruh tenaga kesehatan di seluruh Indonesia agar mereka juga yang belum suntikan pertama mengejar suntikan pertama, dan yang sudah disuntik pertama juga bisa segera menyelesaikan suntikan kedua," kata Menkes Budi.

Selain itu, Menkes juga mengingatkan masih butuh waktu dua sampai tiga minggu agar antibodi bisa terbentuk pasca suntikan kedua vaksin Corona.

"Karena kita juga ingat setelah suntikan kedua masih butuh waktu supaya antibodi terbentuk, mungkin dua minggu atau tiga minggu. Dan sesudah itu insha allah risiko kita untuk tertular bisa lebih kecil dan para tenaga kesehatan bisa lebih tenang dalam bekerja," lanjutnya.



Simak Video "Update! Menkes Budi soal Pengadaan 5 Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)