Rabu, 27 Jan 2021 20:42 WIB

Penting! Jadwal MPASI Anak Usia 6-11 Bulan

Kanya Anindita - detikHealth
Ilustrasi MPASI Ilustrasi MPASI (Foto: Getty Images/iStockphoto/NeoPhoto)
Jakarta -

ASI eksklusif adalah asupan gizi terbaik yang sangat dianjurkan untuk diberikan kepada anak sampai usianya 6 bulan. Begitu usia mereka mencapai 6 bulan, ibu bisa mencoba untuk memberikan makanan pendamping ASI atau yang dikenal dengan istilah MPASI.

Pemberian MPASI memerlukan perencanaan, mulai dari jadwal, jenis makanan yang diberikan, serta porsinya. Sebab, semua faktor tersebut akan memengaruhi tumbuh kembang serta pola makan anak.

Ketika anak memasuki usia 6 bulan, sistem pencernaannya mengalami perkembangan sehingga sudah siap untuk mengolah makanan di luar ASI, termasuk MPASI. Dengan jadwal MPASI yang baik, anak pun bisa beradaptasi karena adanya perubahan jenis makanan yang ia konsumsi.

Adanya jadwal MPASI yang teratur juga membuat anak tidak kaget dengan makanan baru. Selain itu, jadwal makan bayi umur 6 bulan yang teratur pun akan mempermudah mereka memahami tanda bahwa tubuhnya lapar atau sudah kenyang.

Kebiasaan ngemil yang tidak sehat pun bisa dicegah sedini mungkin. Sah-sah saja jika ibu ingin memberikan camilan kepada anak, tetapi pastikan camilannya sehat dan sesuai dengan jadwal makannya pada umur 6 bulan.

Kalau anak diberikan sembarang camilan, dikhawatirkan mereka malah tidak merasa lapar ketika sudah masuk ke jadwal makan utama. Padahal, berbagai nutrisi penting bagi tumbuh kembang bayi ini terdapat dalam menu makan utamanya, seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, mineral, dan vitamin. Jika pemberian makanan utama tidak bisa terpenuhi dengan baik, tentunya akan menghambat kebutuhan gizi utama bagi anak.

Bagian tersulit dari mengatur jadwal makan bagi bayi sejak umur 6 bulan adalah penerapannya. Sebenarnya, tidak perlu khawatir karena realitanya tidak sesulit itu. Kuncinya adalah telaten dan disiplin agar anak bisa belajar makan sesuai jadwalnya.

Lalu, bagaimana jadwal MPASI yang baik untuk anak usia 6-11 bulan?

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Asupan Gizi yang Perlu Diperhatikan Saat Terpapar Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)