Jumat, 29 Jan 2021 07:04 WIB

5 Cara agar Tetap Sehat Saat Cuaca Tidak Menentu

Content Promotion - detikHealth
Hujan Foto: shutterstock
Jakarta -

Beberapa hari belakangan ini, Indonesia tengah dilanda cuaca yang tak menentu. Kondisi ini membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menurun drastis hingga virus-virus penyakit menyebar dengan mudah, terlebih bila Anda tak pintar menjaga kondisi badan.

Saat cuaca tak menentu seperti ini, kadang hujan dan panas, infeksi saluran pernapasan seperti flu, sakit tenggorokan atau pilek rentan dialami banyak orang. Lantas, bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat meski cuaca tidak bersahabat?

Dilansir dari The Urgent Care, berikut beberapa tips mudah agar Anda tidak mudah sakit meski suhu berubah.

Tetap Terhidrasi

Dalam kondisi cuaca seperti saat ini, minum beberapa gelas air setiap hari diperlukan. Air melindungi tubuh Anda dari penyakit dan penyakit dengan membuang racun dan membantu Anda menyerap nutrisi.

Pertahankan Kebersihan yang Baik

Bersikaplah defensif, kalahkan kuman dengan membiasakan praktik kebersihan yang cerdas, seperti menutupi batuk dan bersin atau mencuci tangan. Anda juga diharuskan membersihkan tubuh setiap hari. Selalu ganti pakaian bersih setidaknya satu atau dua kali sehari, terutama pakaian dalam.

Pakaian yang Sesuai

Terkadang sulit untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang cepat. Mengenakan pakaian berlapis adalah cara yang bagus untuk mengatasi masalah ini. Bawalah selalu mantel, sweater, atau scarf untuk melindungi tubuh Anda dari cuaca dingin yang tiba-tiba.
Istirahat

Tidur selama tujuh sampai delapan jam dapat mengisi ulang tubuh Anda dan memperkuat sistem kekebalan Anda. Jika Anda bisa tidur siang di antara aktivitas sepanjang hari, manfaatkanlah. Terkadang tidur siang bisa lebih efektif daripada tidur malam yang singkat.

Makan dengan Diet Seimbang

Tubuh Anda seperti mesin, akan bekerja paling baik bila diberi bahan bakar terbaik. Oleh karenanya, makan makanan yang penuh dengan antioksidan, yang merupakan nutrisi yang memperkuat sistem kekebalan Anda.
Tiga antioksidan utama adalah beta-karoten, vitamin C, dan vitamin E. Banyak buah dan sayuran mengandung vitamin ini, terutama yang berwarna ungu, biru, oranye, dan kuning.

Multivitamin Samco FarmaMultivitamin Samco Farma Foto: dok. Samco Farma

Bicara soal suplemen vitamin C, Samcorbex bisa jadi pilihan tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Dengan kandungan vitamin C 500 mg, konsumsi Samcorbex 1-2 kali sehari 1 kaplet salut gula dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama beraktivitas di musim penyakit ini. Selain itu, ada Samcemin dengan suplementasi vitamin C 100 mg yang bisa menjaga sistem imun sehingga mencegah infeksi virus Corona.

Sebagai informasi, Samcorbex dan Samcemin kini bisa dengan mudah didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, Almer di nomor 081288715581.

Bagi yang berada di luar Jabodetabek, saat ini keduanya bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

(ads/ads)