Jumat, 29 Jan 2021 08:12 WIB

Vaksin Corona Novavax 89,3 Persen Efektif Lawan COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona Foto ilustrasi: BBC World
Jakarta -

Berdasarkan hasil analisis awal, vaksin Corona Novavax 89,3 persen efektif melawan varian baru Corona Inggris. Hasil ini disampaikan pada Kamis (28/1/2021), usai uji coba dilakukan di Inggris.

Sementara berdasarkan analisis interim pada uji coba di Afrika Selatan, tempat varian baru menyebar, vaksin tersebut menunjukkan efikasi sebesar 60 persen. Dalam konferensi yang diadakan, perusahaan tersebut memperkirakan vaksinnya akan siap dua sampai tiga bulan untuk mengajukan izin penggunaan pada otoritas setempat.

Uji coba vaksin yang dilakukan di Inggris melibatkan sebanyak 15.000 orang, yang berusia 18 hingga 84 tahun. Sekitar 27 persen dari relawan berusia di atas 65 tahun.

Dari hasil analisis awal, vaksin tersebut 85,6 persen efektif untuk melawan mutasi baru, meski tidak disertai dengan data yang rinci. Pihak perusahaan mengatakan efektivitas ini sudah hampir setara dengan dua vaksin lainnya yaitu Pfizer-BioNTech dan Moderna yang 95 persen efektif mencegah COVID-19 dalam uji klinisnya.

Seorang profesor mikrobiologi dan imunologi di Weill Cornell Medical College, New York, John Moore mengatakan bahwa data vaksin Novavax ini sudah setara dengan hasil dari vaksin Pfizer dan Moderna.

"Ini tidak berbeda secara statistik. Vaksin ini pada dasarnya bekerja dengan baik pada strain yang dominan menyebar di Inggris, yang berarti sama efektifnya di Amerika Serikat," kata Moore yang dikutip dari CNA, Jumat (29/1/2021).

Selain itu, ahli penyakit menular di John Hopkins Center for Health Dr Amesh Adalja mengatakan, hasil ini sejalan dengan harapan. Ia khawatir orang-orang akan terlalu fokus pada efektivitas vaksin yang disebut lemah dalam mengatasi varian baru Corona Afrika Selatan.

"Kami dimanjakan karena kami telah melihat efektivitas dari Moderna dan Pfizer. Saya tahu orang-orang khawatir, tetapi efektivitas sebesar 60 persen terhadap varian baru tersebut bisa diterima," jelasnya.

Pihak Novavax mengatakan sudah mulai membuat versi baru dari vaksin buatannya untuk melindungi dari varian baru Corona yang muncul. Mereka berencana untuk memulai uji klinis vaksin Corona versi baru ini pada kuartal kedua tahun 2021.



Simak Video "Vaksin Novavax Diklaim 90% Ampuh Lawan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)