Jumat, 29 Jan 2021 15:18 WIB

Viral Kasus Rumah Jagal di Sumut, Ini Risiko Makan Daging Kucing

Ayunda Septiani - detikHealth
Lokasi penemuan karung isi kucing dikuliti di Medan Ini risiko makan daging kucing. (Foto: Datuk Haris-detikcom)
Jakarta -

Belum lama ini ramai perbincangan soal rumah jagal kucing di Medan. Kasus ini awalnya terungkap dari posting-an seorang wanita bernama Sonia.

Dalam akun Instagramnya pada Rabu (27/1/2021). Dia mengunggah foto-foto potongan tubuh hingga kepala kucing yang sebagian telah dikuliti.

Salah seorang warga setempat, Anggiat Sipahutar, menyebut lokasi penemuan karung itu digunakan untuk memotong kucing atau rumah jagal kucing.

"Dia (orang yang tinggal di rumah) itu saja kerjanya, motong kucing," kata Anggiat di lokasi.

Meski nantinya daging kucing tersebut akan dijual untuk dikonsumsi. Tentu ada efek kesehatan besar yang akan timbul dari konsumsi daging kucing.

Kucing merupakan tuan rumah yang sempurna untuk penyakit parasit seperti Lyme atau demam tinggi yang sangat berbahaya bagi wanita hamil dan bayi.

"Kucing adalah inang primer parasit yang menyebabkan toksoplasmosis yang akan memberikan ancaman kelainan bentuk serius pada bayi," tulis Raymond dalam penelitiannya yang berjudul Consumption of Domestic Cat in Madagascar: Frequency, Purpose, and Health Implications, dikutip dari Science Daily.

Daging kucing juga mengancam penularan infeksi bakteri seperti Clostridium botulinum. Dengan adanya informasi tersebut, peneliti mendesak untuk melakukan studi pada konsumsi anjing karena banyak masyarakat yang juga mengkonsumsi dagingnya.



Simak Video "Kapan Vaksin Merah Putih Bisa Diproduksi Secara Massal?"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)